Misteri Baron Sekeber yang Terdampar di Pati Jaman Adipati Pragola, Orang Spanyol atau Belanda?

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 19 Juni 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 337 2427578 misteri-baron-sekeber-yang-terdampar-di-pati-jaman-adipati-pragola-orang-spanyol-atau-belanda-02NpWZ5Na0.jpeg Arca Dwarapala (Baron Sekeber).(Foto:Istimewa)

DALAM Serat Babad Pati dan Wikipedia menceritakan tentang sosok bernama Baron Sekeber. Ia merupakan keturunan bangsawan dari Belanda. Kakak sulungnya yang bernama Baron Sukmul adalah raja Negeri Belanda di Kota Amsterdam, yang kedua bernama Baron Sekeder yang membawahi Inggris dan kerajaannya di Spanyol.

Saudara ketiga adalah Baron Setember yang menjadi patih dari Baron Sekeder, dan yang bungsu adalah Baron Sekeber. Karena ia merupakan keturunan bangsawan, Serat Babad Pati memberinya gelar Raden Baron Sekeber.

Ia hidup pada masa pemerintahan Panembahan Senapati , raja Mataram yang pertama, dan Adipati Jayakusuma (Adipati Pragola) yang memerintah Pati.

Baron Sekeber menolak jabatan yang ditawarkan Baron Sukmul kepadanya, melainkan berniat untuk menguasai Mataram. Dikisahkan ia datang ke Jawa dengan cara terbang di udara menuju timur. Ia mempelajari bahasa Jawa di Palembang sebelum meneruskan niatannya.

Baca Juga: Kisah Saridin dan Sunan Kudus, Kelapa Berisi Ikan

Cerita lain, Baron Sekeber merupakan pria keturunan Spanyol yang berpetualang menjelajah dunia untuk mencari rempah-rempah. Kapalnya pecah di laut Jawa sehingga ia terpaksa berenang menuju pantai.

Ia sampai di daerah Pati dengan keadaan compang-camping dan berkomunikasi dengan penduduk setempat menggunakan bahasa isyarat. Karena penduduk masih menaruh curiga kepadanya, ia memilih tinggal di hutan, meskipun sering turun ke pemukiman penduduk.

Singkat cerita, Baron Sekeber dapat bertemu dengan Panembahan Senapati dengan mudah. Mereka segera bertarung satu lawan satu, dan kemenangan diraih Panembahan Senapati. Baron Sekeber melarikan diri menuju gunung Muria kemudian bertapa di Bukit Patiayam, di dalam sumur dekat mulut gua.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini