Covid-19 Melonjak, "Lockdown" Keniscayaan? Selengkapnya di iNews Room Jumat Pukul 18.00 WIB

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 18 Juni 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 337 2427388 covid-19-melonjak-lockdown-keniscayaan-selengkapnya-di-inews-room-jumat-pukul-18-00-wib-4D7lxKK5q8.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia meningkat semakin tajam. Okupansi rumah sakit dan ruang isolasi semakin tipis. Pasien Covid-19 pun terpaksa harus menunggu lama dan dirawat di tenda darurat. Bahkan ada yang meninggal dalam perjalanan saat mencari ruang perawatan.

Kebijakan PPKM berbasis mikro yang didisain membatasi kegiatan masyarakat di tingkat kecil tidak mampu mengendalikan penyebaran virus. Kasus harian usai Lebaran 2021, meskipun sudah sebulan berlalu, justru terus melonjak.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai tidak ada cara yang lebih tepat selain karantina wilayah atau lockdown secara total.

Senada dengan Sri Sultan, lima organisasi profesi dokter meminta pemerintah untuk bertindak cepat untuk menerapkan PPKM total atau PSBB ketat. Asosiasi profesi dokter menyerukan bahwa kondisi penularan virus corona di Indonesia sudah memasuki fase darurat.

Dipandu host Latief Siregar, selengkapnya di iNews Room mulai pukul 18.00 WIB secara langsung di stasiun televisi berita milik MNC Group, iNews. Ikuti program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini