Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris Jaringan JAD Jabar

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 18 Juni 2021 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 337 2427355 densus-88-tangkap-3-terduga-teroris-jaringan-jad-jabar-R0NjrGBftl.jpg Densus 88 Mabes Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga orang terduga terorisme di Pangandaran, Jawa Barat, pada Rabu 16 Juni 2021 lalu. Mereka adalah, T alias AU, RAH alias BM, dan SU alias SUK.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyebut, dari informasi sementara mereka diduga kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), Jawa Barat.

"Penangkapan tiga tersangka teroris jaringan terorisme kelompok JAD di wilayah Jabar, ada 3 tersangka," kata Ramadhan dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (18/6/2021). 

Baca Juga: Penangkapan Terduga Teroris di Pangandaran Berjalan Dramatis

Ahmad menjelaskan, ketiganya memiliki peran sebagai pemateri kajian terhadap Jamaah Ansharut Daulah di beberapa tempat yang ada di wilayah Priangan Timur.

Kemudian, pada September 2019, ketiga teroris ini melakukan Idad di Gunung Galunggung bersama para ikhwan JAD Priangan Timur.

"Ketiganya juga menjadi pemateri kajian pada idad tersebut," ujar Ramadhan.

Lalu, pada Desember 2019, ketiga teroris ini memimpin dan memandu Baiat para anggota JAD Priangan Timur di rumah terduga Y yang di Pangandaran, Jawa Barat.

"Kemudian, membuat Sabilunajah yang bertujuan untuk mengumpulkan para Anshor Daulah se-Jawa Barat. Perlu diketahui kajian pemahaman yang diberikan oleh para tersangka berdampak terhadap salah satu Anshor Daulah atas nama R yang sudah ditangkap karena mempersiapkan diri membuat bahan peledak yang akan digunakan untuk melakukan aksi-aksi terorisme," tutup Ramadhan.

Baca Juga: Teroris yang Ditangkap di Bogor Kelompok JAD Jawa Barat

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini