Daftar Hal yang Disukai Presiden Soekarno, dari Durian hingga Film Amerika

Widi Agustian, Okezone · Sabtu 19 Juni 2021 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 337 2427236 daftar-hal-yang-disukai-presiden-soekarno-dari-durian-hingga-film-amerika-pOYBT6cKUd.jpg Soekarno. (Foto: Ant)

PRESIDEN pertama Indonesia, Soekarno merupakan sosok yang kharismatik. Walau begitu, ternyata Bung Karno juga merupakan sosok yang bisa dibilang "biasa".

Dalam buku "Bung Karno: Bapakku-Kawanku-Guruku", Guntur Soekarno bercerita mengenai sisi lain dari Bung Karno, ayahnya yang merupakan sang proklamator kemerdekaan Indonesia. Demikian dilansir dari Kepustakaan Presiden, Perpusnas.

Salah satu yang diungkapkan oleh Guntur adalah mengenai apa yang menjadi kesukaan bapaknya tersebut.

Baca juga: Ketika Bung Karno Tiga Kali Minta Nasehat Kiai Wahab untuk Bebaskan Papua Barat


Baca juga: Semangatnya Presiden Soekarno Deskripsikan Lukisan Wanita Cantik

Bung Karno hobi berat makan durian, tapi tak suka makan petai dan jengkol, karena kalau "ki'ih" (kencing) akan berbau.

Ir Soekarno juga suka lagu klasik Italia. Khususnya kalau beranjangsana ke Italia, Soekarno selaku kepala negara RI tak segan ikut mementang suaranya melagukan "O Sole Mio", bersama pelayan hotel. Sampai-sampai Guntur pun menjuluki bapaknya The Great Caruso.

Selain itu, rupanya ayah dan anak ini senang menonton film, terutama film Amerika Serikat. Sekali waktu (antara tahun 1957-1960), Guntur mengisahkan terjadi dialog dengan bapaknya, soal Johnny Weismuller yang memerankan Tarzan, ternyata juga juara renang olimpiade.

Guntur mengajak bapaknya berenang. Bung Karno tak menampik, namun mengelak apabila ditanya kapan dan di mana mau berenangnya. Ternyata semua itu karena Soekarno tidak bisa berenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini