Rahasia Cara Tangkap Perkutut Gaib, Masuk dalam Kurungan Ruangan yang Terkunci

Doddy Handoko , Okezone · Jum'at 18 Juni 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 337 2427023 rahasia-cara-tangkap-perkutut-gaib-masuk-dalam-kurungan-ruangan-yang-terkunci-Rm8vt76Kuf.jpg Burung Perkutut.(Foto: DokOkezone)

BURUNG Perkutut gaib dikenal sejak jaman raja Pajajaran. Mereka senang sekali dengan perkutut. Pada saat wahyu kerajaan sudah habis pindah ke Majapahit maka perkutut pajajaran ini menjadi gaib.

"Sampai kini, dipercaya masih ada perkutut dari alam gaib yang bisa memberikan rezeki, kebahagiaan dan ketenteraman rumah tangga, pangkat dan jabatan, dll," ujar P.N.A Masud Thoyib Adininingrat, budayawan jawa yang juga pemilik perkutut gaib di kawasan Lubang Buaya, Jakarta.

Dikabarkan, putra terakhir raja Pajajaran berubah wujud menjadi perkutut, terbang sampai Mojokerto. Dalam Babad Tanah Jawa diceritakan perkutut itu berada di kaputren Majapahit.

Suatu hari puteri majapahit keluar dan mengambil perkutut tersebut. Anehnya perkutut itu pada malam hari berubah wujud menjadi pemuda yang sangat tampan.Sehingga mereka bermain cinta , konon melahirkan ular raksasa bernama Barukelinting.

Baca Juga: Kisah Pedih Ronggolawe, Tewas di Sungai Dalam Duel dengan Kebo Anabrang

Perkutut ini memang pada dasarnya disukai raja-raja jawa mulai dari Pajajaran sampai Mataram islam. Dalam alam gaib, perkutut itu masih hidup karena masih menjadi hiburan para arwah raja. Dalam tataran mistik perkutut gaib ini masih berada dimana-mana walau jaman sudah menjadi modern. Karena dalam dunia gaib, waktu dan ruang tidak ada batasnya lagi.

Dijelaskannya, ada cara untuk menangkap perkutut gaib. Ilmu menangkap perkutut gaib ini diperoleh dari Blitar Selatan dari orang tua yang menekuni ilmu mistik.

"Perkutut bisa ditarik dengan peralatan berupa sangkar dan ubarampe yang sudah disiapkan berupa bunga dan minyak. Ubarampe ini telah diberi doa-doa dalam suatu ritual dengan menarik kiblat papat limo pancer. Dalam waktu sekitar 30-45 menit biasanya perkutut tersebut akan bisa masuk ke sangkar,"paparnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini