Epidemiolog: Puncak Kasus Covid-19 Akan Terus Berulang

Jonathan Nalom, MNC Media · Kamis 17 Juni 2021 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 337 2426841 epidemiolog-puncak-kasus-covid-19-akan-terus-berulang-eGS7EXcrhq.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Epidemiolog Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko menyebut wabah Covid-19 akan mengalami puncak kasus yang banyak dan berulang. Hal ini dikarenakan wabah Covid-19 bersifat propagatif.

“Wabah Covid-19 ini sifatnya propagatif, jadi yang sifatnya propagatif itu puncaknya akan banyak, kita tunggu aja ini puncak yang ke berapa,” kata Epidemiolog Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko dalam acara Trijaya Hot Topic Petawangi “Waspada Varian Baru Covid-19” Kamis (17/06/2021)

Baca Juga:  DKI Jakarta Cetak Rekor 4.144 Kasus Positif Covid-19, Masyarakat Harus Waspada!

Tri mencontohkan apa yang terjadi di DKI Jakarta. Wilayah DKI Jakarta sendiri menurutnya sudah terjadi delapan kali puncak kasus Covid-19, dan menurutnya puncak kesekian kalinya ini belum bisa disebut puncak terakhir.

“Kalau enggak salah di DKI Jakarta itu sudah puncak lebih dari 6 gitu, nah sekarang menurut saya mungkin ke delapan atau ke sembilan tapi tidak bisa ini puncak terakhir atau tidak,” lanjutnya

Baca Juga:  Drastis! Positif Covid-19 di DKI Jakarta Tembus 4.144 Kasus Sehari

Menurutnya, menghentikan puncak kasus yang kerap terjadi ini bergantung pada upaya terhadap pencegahan penyebaran virus itu sendiri. Lebih lanjut menurutnya, lockdown merupakan salah satu bentuk upaya penahanan tersebut.

“Amat tergantung dari upayanya, kalau kemudian dilakukan lockdown, mudah-mudahan ini jadi puncak terakhir, kalau tidak? Ya bisa terjadi puncak lagi.” pungkasnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini