Kasus Covid-19 Melonjak, Ridwan Kamil Minta Tiadakan Libur Hari Raya Idul Adha

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 17 Juni 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 337 2426649 kasus-covid-19-melonjak-ridwan-kamil-minta-tiadakan-libur-hari-raya-idul-adha-29iZF9SKTj.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merekomendasikan pemerintah pusat untuk tidak mengadakan libur Hari Raya Idul Adha. Dia menilai langkah itu perlu dilakukan, agar tidak kembali terjadi lonjakan pasien Covid-19 akibat libur.

"Kita merekomendasi pada pemerintah pusat agar namanya libur panjang Idul Adha ditiadakan," kata Ridwan Kamil dalam diskusi virtual bertema 'Kebijakan Pemerintah Daerah Peluang Tantangan dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Covid-19' Kamis (17/6/2021).

 Baca juga: Epidemiolog Ingatkan Potensi Puncak Kembar Varian Covid-19, Apa Artinya?

Dia menyebut, selama ini penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro telah terbukti ampuh dalam menekan angka Covid di Jawa Barat. Meski begitu PPKM beberapa kali kembali meningkat akibat libur panjang pada hari-hari besar.

Baca juga:  Sosialisasi Vaksin Tak Kebal Covid-19 di Jagat Maya, Anies Malah Ditanya Fungsinya

Dia menyebut sejumlah libur panjang yang mengakibatkan peningkatkan Covid di Jawa Barat seperti libur panjang pada Natal dan tahun baru memasuki Januari 2021 dan puncaknya kemarin libur panjang Hari Raya Idul Fitri.

"Selama PPKM mikro kondisi relatif sangat baik tapi terdistrusi oleh libur panjang Idul Fitri dan ini adalah pola yang berulang. Kami juga sempat terdistrusi juga oleh libur natal dan tahun baru," jelasnya.

Ridwan Kamil menyimpulkan bahwa PPKM mikro saat ini masih sangat relevan dan baik untukenekan angka penyebaran Covid di Jawa Barat selagi tidak terdistrusi oleh kegiatan masal.

"PPKM mikro sudah teruji bisa jadi standard," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini