DPR Dorong RUU Konservasi Keanekaragaman Hayati Akomodir Peran Masyarakat

Sindonews, Sindonews · Rabu 16 Juni 2021 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2426356 dpr-dorong-ruu-konservasi-keanekaragaman-hayati-akomodir-peran-masyarakat-nh3ln1HriJ.jpg foto: ist

JAKARTA - Pemerintah perlu mengatur pengembangan dan pemberdayaan kawasan penyangga di sekitar kawasan konservasi. Pasalnya, saat ini terdapat 6.747 desa yang berada di sekitar kawasan konservasi dengan jumlah masyarakat yang mencapai 16,3 juta jiwa.

(Baca juga: Ribuan Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri di Hotel Berbintang, dari Kempinski hingga Ritz-Carlton)

Demikian diutarakan anggota Komisi IV DPR Johan Rosihan saat mengikuti Rapat Koordinasi Bersama Badan Keahlian DPR RI membahas RUU tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati di Gedung Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (16/6/2021).

"Saya melihat diperlukan pengaturan secara khusus mengenai kemitraan konservasi agar semakin banyak jumlah masyarakat yang menerima manfaat dari kemitraan konservasi supaya kesejahteraan mereka meningkat dari sisi sosial ekonomi," ujar Johan.

(Baca juga: Preman Paling Menakutkan Ini Insyaf dan Jadi Perwira Kopassus)

Menurutnya, paradigma di bidang konservasi saat ini tidak hanya pada aspek perlindungan semata, namun juga mesti mengakomodir aspek pemanfaatan secara bijaksana, hemat, melindungi dan berkelanjutan.

"Saya berpendapat agar RUU ini perlu ditambahkan pengaturan tentang peran serta masyarakat agar pemerintah diwajibkan untuk meningkatkan pastisipasi atau keterlibatan masyarakat di dalam dan sekitar Kawasan hutan serta dibuat pengakuan istimewa terhadap Hak Masyarakat Hukum Adat dalam pelaksanaan konservasi di dalam kawasan," ujar tutup politikus PKS tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini