Pasien RSDC Wisma Atlet Didominasi Ibu Rumah Tangga, Mayoritas Tak Tahu Tertular di Mana

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 16 Juni 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2426355 pasien-rsdc-wisma-atlet-didominasi-ibu-rumah-tangga-mayoritas-tak-tahu-tertular-di-mana-aPar5TVHBP.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC-19) Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Tugas Ratmono mengungkap bahwa saat ini peningkatan jumlah pasien Covid-19 masih didominasi oleh klaster keluarga khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT).

Hal tersebut disampaikan Tugas Ratmono saat memberikan pernyataan dalam dialog Update RSDC Wisma Atlet dengan tema 'Patuhi Protokol Kesehatan Kunci Putus Rantai Penularan' yang disiarkan akun resmi YouTube BNPB Indonesia pada Rabu (16/6/2021).

"Dari data kluster keluarga paling besar, klaster Ibu Rumah Tangga cukup paling banyak dirawat disana," ujar Tugas Ratmono.

Ia meminta untuk keluarga-keluarga khususnya di DKI Jakarta agar bisa meminimalisir mobilisasi atau aktifitas di luar rumah untuk beberapa waktu kedepan demi mengurangi angka penyebaran Covid-19.

"Jawaban pasien tidak tahu tertular dimana. Dalam satu keluarga pasti ada mobilitas ini bisa menjadi resiko jika tertular," kata Tugas Ratmono.

Tugas Ratmono mengaku bahwa sosialisasi perlu dilakukan oleh semua pihak. Selain itu stakeholder perlu lebih mensosialisasikan pengurangan mobilitas.

"Menjadi pertanyaan apakah keluarga sudah ada mobilitas tinggi, perlu diidentifikasi lebih lanjut. Kami meminta agar pihak terkait mengurangi mobilitas. Ini semua untuk mengurangi kasus Covid-19 dari kluster keluarga," tandas Tugas Ratmono.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini