Berikut Deretan Kasus Anjing Menyerang Manusia

MNC Portal, · Kamis 17 Juni 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2426337 berikut-deretan-kasus-anjing-menyerang-manusia-95O6Iwyuys.jpg Anjing galak (foto: Illustrasi mykittun.com)

BOCAH berusia 10 tahun tewas mengenaskan usai digigit anjing milik tetangganya, di Jalan Sagu Raya Perumnas Simalingkar, Kota Medan, Sumatera Utara. Korban meninggal setelah empat hari menjalani perawatan di rumah sakit.

Kejadian itu bermula ketika korban dan temannya hendak pergi ke warung dan melintas rumah tetangga pemilik anjing. Namun nahas, kondisi pagar rumah tetangga yang terbuka membuat anjing leluasa mengejar korban lalu menggigitnya.

Kasus serangan anjing tersebut bukanlah yang pertama terjadi di Indonesia. Terdapat sejumlah kasus anjing yang menyerang manusia. Anak kecil hingga orang dewasa tidak luput dari serangan anjing. Berikut rangkuman Litbang MNC Portal Indonesia :

Juni 2021

Anak berusia 10 berinisial MR meninggal dunia setelah digigit anjing tetangga di Jalan Sagu Raya Perumnas Simalingkar, Kota Medan, Sumatera Utara. MR meninggal setelah mendapat perawatan selama 4 hari di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan.

 Anjing ist

Menurut ibu korban, Lia Pratiwi kejadian tersebut bermula saat anaknya hendak jajan ke salah satu warung yang tidak jauh dari rumah. Sang anak bersama temannya melintas di rumah tetangga yang mempunyai anjing. Pintu pagar rumah yang mempunyai anjing tersebut dibuka karena ada penjual galon mineral mengantar air ke rumah.

Saat itu, anjing keluar dan langsung menggigit sang anak. Setelah digigit, sang anak takut kemudian singgah ke rumah temannya. Sang ibu, mengetahui anaknya digigit anjing setelah diberitahu oleh kakek korban. Lalu sang ibu pun mendatangi pemilik anjing untuk menanyakan itikad baiknya. Namun tidak ada respons dan itikad baik, ia pun terpaksa menempuh jalur hukum.

Mei 2021

Bocah berusia 5 tahun asal Banjar Tegalasih, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Bali digigit anjing rabies. Anjing tersebut menggigit mata kiri sang bocah saat sedang bermain bersama temannya. Dari hasil pemeriksaan, bocah tersebut positif alami gigitan anjing rabies. Petugas segera melakukan respons cepat untuk antisipasi penularan.

Agustus 2020

Bocah 10 tahun terluka parah setelah diserang sekelompok anjing penjaga pabrik di wilayah Candimas, Natar, Lampung Selatan, Lampung. Peristiwa itu bermula ketika korban dan teman-temannya bermain layangan.

Anjing / istimewa 

Korban berniat mengejar layangan yang terputus ke arah pabrik, namun nahas anjing penjaga pabrik itu menyerang bocah tersebut. Korban pun terluka parah bersimbah darah. Beruntung korban dapat diselamatkan oleh warga.

Korban dilarikan RS Abdul Moeloek, Bandar Lampung untuk menjalani operasi. Pihak pabrik bertanggung jawab serta menanggung biaya pengobatan korban.

November 2019

M, anak berusia 8 tahun warga Medan Deli, Sumatera Utara, mengalami luka serius di bagian wajah dan kepala akibat digigit anjing. M dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan.

Kejadian berawal saat korban sedang bermain dengan anjing. Lalu tiba-tiba korban diserang hingga mengalami luka-luka di bagian wajah dan kepala.

September 2019

Asisten Rumah Tangga (ART), Yayan meninggal dunia usai digigit anjing di rumah majikannya yang merupakan presenter Bimo Aryo. Kediaman Bimo Aryo di Jalan Langgar RT 04, RW 04, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Akibat serangan anjing tersebut, korban mengalami luka di leher, punggung, dan dada. Korban langsung dilarikan ke RS Adhyaksa. Namun, nyawanya tidak tertolong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini