BMKG Peringatkan Potensi Tsunami Jika Terjadi Gempa Susulan di Maluku Tengah

Arif Budianto, Koran SI · Rabu 16 Juni 2021 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2426234 bmkg-peringatkan-potensi-tsunami-jika-terjadi-gempa-susulan-di-maluku-tengah-TLkgaW0oci.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terjadinya potensi tsunami di Pulau Seram, Maluku Tengah jika terjadi gempa bumi susulan, menyusul telah terjadinya gempa bumi berkekuatan magnitudo 6.0 SR pada siang ini.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta masyarakat di wilayah Maluku Tengah terutama daerah sekitar bibir pantai Pulau Seram mewaspadai terjadinya tsunami jika terjadi gempa bumi susulan dalam skala besar. Tsunami diperkirakan bakal terjadi dalam waktu 2 menit pasca gempa besar.

"Masyarakat kami minta waspada potensi tsunami akibat longsor tebing di bawah laut jika terjadi goncangan gempa cukup kuat, ada kemungkinan terjadi tsunami. Masyarakat agar menjauhi pantai," jelas dia, Rabu (16/6/2021).

Beberapa daerah yang perlu waspada tsunami adalah di bibir pantai Laha, Ilasa, Negriangoes, hingga Atiahu dan Bemu. Tsunami diprediksi bakal terjadi jika terjadi longsoran tebing bawah laut akibat guncangan gempa bumi hebat.

"Jika terjadi guncangan besar, tidak perlu menunggu ada peringatan dari kami. Karena kemungkinan bisa terjadi potensi tsunami dalam waktu 2 menit. Sementara peralatan kami belum bisa mendeteksi tsunami dalam waktu secepat itu," beber dia.

Menurut dia, salah satu ciri guncangan besar adalah jika gempa bumi menyebabkan seseorang bergoyang saat berdiri. Jika ciri itu terjadi, masyarakat diminta langsung mencari tempat tinggi minimal 20 meter.

"Ini potensi, bukan kami menakut nakuti. Jangan panik. Tapi agar masyarakat waspada," imbuh dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini