Lantik Gubernur dan Wagub Sulteng, Jokowi Berikan 3 Tugas Khusus

Tim Okezone, Okezone · Rabu 16 Juni 2021 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2426214 lantik-gubernur-dan-wagub-sulteng-jokowi-berikan-3-tugas-khusus-uzsPpgTOLj.JPG Foto: Biro Pers Setpres

JAKARTA - Gubernur Sulawesi Tengah yang baru dilantik Rusdi Mastura mengungkapkan diberi tiga mandat khusus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pelantikan.

Tiga hal itu berkaitan dengan Covid-19, bencana dan penanggulangan kemiskinan. Rusdi pun menyatakan siap bekerja menerima tugas tersebut.

"Insyaallah tugas kami tadi disampaikan oleh Bapak Presiden bagaimana menyelesaikan Covid-19. Kemudian kebetulan Sulawesi Tengah 2018 kemarin mengalami bencana itu menjadi tugas yang pertama kami. Dan kemudian bagaimana tugas-tugas menurunkan angka kemiskinan sehingga daerah kami lebih baik ke depan. Itulah kira-kira," jelas Rusdi dalam tayangan langsung Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/6/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdi Mastura-Mamun Amir.

Pasangan ini ditetapkan sebagai gubernur dan wagub terpilih dengan perolehan suara sebanyak 891.334 suara atau sebanyak 59,61% dari total suara sah pada pilkada serentak tahun 2020.

Sebelum dilantik pasangan ini terlebih dahulu menerima petikan surat keputusan presiden (Keppres). Kemudian dilanjutkan dengan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Dimana Presiden Jokowi, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan pasangan gubernur tersebut berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara yang merupakan tempat pelantikan.

Pasangan ini dilantik berdasarkan Keppres No.81/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wagub Sulteng.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini