Gempa Maluku Tengah: Sejumlah Rumah Rusak dan Pagar Gereja Roboh

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 16 Juni 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2426123 gempa-maluku-tengah-sejumlah-rumah-rusak-pagar-gereja-roboh-aBBIgw2vqZ.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah melaporkan sejumlah rumah rusak akibat gempa M6,1 Magnitudo yang dimutakhirnya menjadi M6,0.

Hingga saat ini BPBD dan masyarakat setempat melaporkan adanya dampak kerusakan pada beberapa rumah tinggal, salah satunya pagar gereja di desa Sounulu Kecamatan Tehoru yang hampir roboh akibat dari gempabumi tersebut. BPBD masih terus mendata kondisi dampak gempabumi ini.

Sementara itu, BMKG meminta masyarakat terutama di wilayah sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Atiahu Kabupaten Maluku Tengah, P. Seram, Maluku untuk WASPADA gempabumi susulan dan potensi tsunami akibat longsor ke/di bawah laut, maka segera menjauhi pantai menuju tempat tinggi apabila merasakan guncangan gempa cukup kuat.

“BMKG terus memonitor gempa susulan yang terjadi dan dampaknya terhadap kenaikan muka air laut,” tegas Bambang.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini