Aparat Temukan Buku Catatan Bantuan Uang dari Pemda Puncak Milik Pemasok Senpi KKB

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 16 Juni 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 337 2425927 aparat-temukan-buku-catatan-bantuan-uang-dari-pemda-puncak-milik-pemasok-senpi-kkb-ewMSw8sUMG.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi menemukan buku catatan bantuan uang tunai dari Pemerintah Daerah (Pemda) Puncak senilai Rp600 juta, untuk pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Lekagak Telenggen.

Hal itu terungkap saat dilakukan penangkapan Ratius Murib alias Neson Muri yang diduga pemasok senjata ke kelompok tersebut.

"Sedang kami dalami terkait hal tersebut, apakah memang ada pemberian uang ke Lekagak Telenggen," kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudussy saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Baca juga:  27 Anggota TNI dan 9 Polisi Gugur Akibat Aksi Keji Teroris KKB Papua Selama 3 Tahun

Dari informasi yang didapat, tercantum bahwa pemberian dana itu dilakukan pada 6 Februari 2021, bahwa bantuan diberikan oleh Pemda Puncak kepada Lakagak Telenggen.

Baca juga:  Mahfud MD Rekomendasikan Struktur Organik Keamanan Papua Dilengkapi

Selain itu, mereka juga diduga menerima bantuan-bantuan lain dari simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Kemudian, terdapat juga buku catatan lain yang berisi penolakan otonomi khusus dan aksi penembakan di wilayah Kabupaten Puncak.

Penyidik, kata Iqbal, juga menemukan sejumlah buku tabungan dan kartu ATM di beberapa bank. Terdapat juga bukti surat kuitansi pembelian dengan stampel TPNPB.

"Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktivitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi dari terduga Neson Murib," ujar Iqbal.

Neson sendiri saat ditangkap kedapatan tengah membawa uang tunai sebesar Rp370 juta dengan pecahan Rp100 ribu. Dia mengatakan bahwa Neson diduga telah melakukan sejumlah transaksi senjata api dan meraup keuntungan hingga miliaran rupiah.

"Total yang dikirim dan diterima Rp1.393.100.000," tutup Iqbal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini