4 Rumah Sakit yang Nyaris Tak Mampu Tampung Pasien Covid-19

Tim Okezone, Okezone · Rabu 16 Juni 2021 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 337 2425758 4-rumah-sakit-yang-nyaris-tak-mampu-tampung-pasien-covid-19-egFkhjNOFD.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

MELONJAKNYA kasus positif Covid-19 membuat sejumlah rumah sakit dan tempat isolasi mandiri nyaris tidak lagi bisa menampung pasien. Salah satunya termasuk Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berikut sejumlah fakta terkait membeludaknya pasien Covid-19 yang nyaris tidak tertampung di rumah sakit.

1. RSD Wisma Atlet Kamayoran

Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Letkol Laut M Arifin menyatakan pihaknya menyetop sementara penerimaan pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran pada pagi hari, Selasa 15 Juni 2021.

Beruntung, pada sore di hari yang sama, Tower 8 sudah bisa digunakan dan bisa menampung 1.569 orang pasien tanpa gejala.

"Ini alternatif selain yang sudah disampaikan penambahan bed ketiga yang ada di RSDC Wisma Atlet Kemayoran ini alternatif kedua sesuai dengan arahan Kepala BNPB jadi tower 8 segera mungkin bisa difungsikan untuk nanti tempat isolasi yang pasien tanpa gejala atau asimtomatis," ucap Arifin.

2. RSUD RA Kartini

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak ke RSUD Kartini Kabupaten Jepara, Selasa (15/6/2021). Di tempat itu, Ganjar menemukan ada pasien yang terlantar di depan ruang IGD karena rumah sakit penuh.

Saat Ganjar datang, Direktur Rumah Sakit Bambang Dwipo mengatakan, Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit itu sudah penuh. Bahkan, ada pasien Covid-19 yang belum bisa ditangani.

"Itu ada yang belum ditangani pak, masih di luar," kata Bambang.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Telantar di Depan IGD, Ganjar "Semprot" Direktur RSUD Kartini

Ganjar pun langsung berjalan ke depan ruangan IGD. Benar saja, ada empat pasien yang dirawat di luar gedung. Keempatnya diduga terkonfirmasi Covid-19.

"Lho enggak bisa seperti ini Pak, ini bahaya. Bapak masih punya ruangan kosong tidak? Kalau tidak, langsung cari rujukan ke rumah sakit lain," tegas Ganjar.

3. RS Islam Jakarta

Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih terpaksa menolak pasien baru Covid-19 karena seluruh ruangan isolasi sudah penuh. Hal tersebut diungkapkan melalui postingan dokter Jack Pradono, salah satu dokter yang bekerja di RS Islam Jakarta.

Dalam unggahan di akun Instagramnya @drjackpradono, dokter Jack mengingatkan masyarakat bahwa kasus Covid-19 di ibu kota saat ini kembali mengalami lonjakan.

"DI @rsijcempakaputih mulai tadi malam, Kami menolak pasien Covid-19 baru karena tempat penuh, baik di paviliun isolasi maupun di ICU," tulis Jack di akun Instagramnya.

4. Graha Wisata Ragunan

Pemkot Jakarta Selatan menyebutkan ruang isolasi pasien Covid-19 di Graha Wisata Ragunan tersisa lima kamar atau hanya bisa menampung 10 orang pasien lagi.

"Semalam tersisa lima kamar, satu kamar isi dua orang atau bisa menampung 10 orang," kata Sekretaris Kota Jakarta Selatan Munjirin ketika hadir dalam deklarasi BNN Jakarta Selatan, Selasa (15/6/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini