5 Daftar Pencurian Ponsel Bocah yang Viral, Nomor 3 Paling Ngeri

Tim Okezone, Okezone · Rabu 16 Juni 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 337 2425585 5-daftar-pencurian-ponsel-bocah-yang-viral-nomor-3-paling-ngeri-7XtTSyzVAX.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Aksi pencurian telepon genggam semakin marak terjadi. Tak hanya menyasar orang dewasa, namun korban perampasan ponsel juga menimpa anak-anak yang memang tengah lengah dan kurang awas dalam menggunakan gawainya.

Berikut adalah daftar kejadian perampasan ponsel yang menimpa anak-anak:

1. Penjambretan Ponsel di Koja, Jakarta Utara

Aksi penjambretan ponsel milik seorang anak ini terjadi pada April 2021. Kejadian bermula saat seorang ibu berinisial AL dan anaknya mengunjungi toko di daerah Koja.

AL lantas meminta anaknya yang baru berusia 8 tahun untuk menunggu di luar toko sembari memegang ponsel. Pada saat itulah 2 pelaku penjambretan yang beraksi dengan sepeda motornya merampas ponsel yang digenggam si anak.

Baca Juga:  Modus Minta Sumbangan tapi Masuk Rumah Tanpa Izin, Remaja Ini Jadi Bulan-bulanan Warga

Karena aksinya tersebut berhasil terekam dan viral di sosial media, Unit Resmob Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara berhasil menangkap pelaku. Namun, masih ada seorang pelaku lagi yang buron. Akibat kejadian ini, tersangka dikenakan pidana 7 tahun penjara dengan Pasal 363 KUHP.

2. Penjambretan Ponsel di Kebayoran Baru

Seorang bocah berusia 11 tahun menjadi korban perampasan ponsel oleh 2 orang tersangka. Masing-masing bernama Nun dan Al Haq yang berboncengan menggunakan sepeda motor saat melancarkan aksinya pada 14 Februari 2021.

Sebelum berhasil merampas ponsel korban, pelaku terlebih dahulu berpura-pura menanyakan alamat kepada beberapa anak di TKP. Saat korban sedang lengah, tersangka Nun langsung mengambil ponsel korban.

Beruntung, kejadian ini sempat terekam CCTV dan viral. Akhirnya, polisi berhasil meringkus para tersangka pada Selasa, 16 Februari dan Rabu, 17 Februari di lokasi berbeda. Tersangka diancam dengan hukuman 5 tahun penjara

3. Terseret Motor Akibat Rebut Ponsel

Seorang anak SD yang sedang memainkan ponselnya menjadi korban penjambretan pada Sabtu, 20 Februari 2021 di Pasuruan, Jawa Timur. Kejadian itu terekam jelas di CCTV pos kamling setempat. Sebelum merampas, pelaku bepura-pura menanyakan alamat kepada korban.

Baca Juga:  Tukang Bangunan Curi Isi Apartemen Mewah di Setiabudi, Kerugian Rp250 Juta

Akibat kejadian ini, korban mengalami luka di bagian kaki dan wajah karena berusaha merebut kembali ponselnya hingga terseret motor.

4. Rampas Ponsel di Tangerang

Faisal, pria 26 tahun itu nekat merampas ponsel seorang anak berusia 10 tahun di Kecamatan Pinang, Tangerang pada 4 Desember 2020. Kejadian ini viral di jagat maya karena terekam kamera CCTV.

Karenanya, polisi dengan mudah mengidentifikasi pelaku dan melakukan penangkapan di kediamannya. Dari tersangka, polisi berhasil menyita 2 unit ponsel dan sebuah sepeda motor. Tersangka kemudian dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang Perampasan dengan hukuman penjara 9 tahun.

5. Aksi Perampasan di Warakas

Kejadian ini berlangsung pada Minggu, 20 Desember 2020 dan terekam CCTV. Korbannya adalah 2 anak yang tengah asyik bermain ponsel di pinggir jalan. Pelaku rupanya sudah memperhatikan korban dan sempat menanyakan waktu sebelum akhirnya merampas ponsel saat kondisi sepi. Korban berusaha mengejar korban, namun usaha tersebut sia-sia.

Diolah dari berbagai sumber oleh Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini