Komnas HAM: Lusa, Pimpinan KPK Akan Datang Beri Klarifikasi TWK

Riezky Maulana, iNews · Selasa 15 Juni 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 337 2425466 komnas-ham-lusa-pimpinan-kpk-akan-datang-beri-klarifikasi-twk-OYQ3KHTSnd.jpg Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam menyebut pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan hadir ke kantornya pada Kamis 17 Juni 2021. Kehadiran pimpinan lembaga antirasuah itu dalam rangka permintaan klarifikasi atas dugaan pelanggaran HAM dalam proses tes wawasan kebangsaan (TWK).

Atas hal itu, dipastikan bahwa pemeriksaan yang semula dijadwalkan pada pagi hari ini, Selasa (15/6/2021) ditunda.

"Sudah ada komitmen baik pada hari Kamis besok kolega kami akan datang akan mempersiapkan apa saja memang dibutuhkan pendalaman proses informasi dan konfirmasi," tutur Anam dalam konferensi pers, Selasa siang.

Baca Juga:  Korupsi Tanah Munjul, Ketua KPK: Siapapun Kami Tindak

Anam menjelaskan, kepastian itu disampaikan setelah pimpinan KPK yang diwakilkan oleh Biro Hukum KPK untuk mengirimkan surat balasan. Menurut Anam, ketidakhadiran pimpinan KPK pada hari ini lantaran mereka tengah ada agenda yang tak bisa ditinggalkan.

"Biro hukum datang ke Komnas HAM atas perintah dari pimpinan KPK. Surat yang kami layangkan adalah memanggil semua, lima pimpinan KPK serta satu untuk Sekjen," paparnya.

Anam berharap, pemanggikan tersebut bisa terealisasikan. Tujuannya, agar Komnas HAM bisa mendapatkan informasi dan klarifikasi yang membuat terang polemik tersebut.

"Semoga pertemuan hari Kamis tersebut pengambilan keterangan benar-benar terjadi dan ini kami di Komnas HAM mendapatkan informasi yang banyak, dan mendapatkan klarifikasi yang banyak, serta mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif," katanya.

Baca Juga: KPK Tetapkan Rudy Hartono Iskandar sebagai Tersangka Korupsi Tanah Munjul

Sebelumnya, pada Rabu 9 Juni 2021 Komnas HAM melayangkan surat pemanggilan yang kedua kepada para Pimpinan KPK terkait dengan adanya dugaan pelanggaran HAM dalam TWK. Adapun dalam pemanggilan pertama di hari kemarin, Firli Cs tidak hadir.

"Hari ini kami melayangkan surat panggilan kedua kepada Pimpinan KPK dan kepada Sekjen KPK untuk mendapatkan keterangan. Kalau dalam respons kemarin dikatakan meminta klarifikasi kepada kami apa kira-kira dugaan pelanggarannya, ini dalam rangka untuk mencari itu, apakah betul ada pelanggaran atau tidak," ucap Anam saat itu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini