Jelang Pilpres 2024, PDIP "Tes Ombak" Pasang Baliho Puan Maharani di Surabaya

Kiswondari, Sindonews · Selasa 15 Juni 2021 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 337 2425215 jelang-pilpres-2024-pdip-tes-ombak-pasang-baliho-puan-maharani-di-surabaya-10J4BttLml.jpg Poster Puan Maharani disalah satu sudut Surabaya.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Banyaknya baliho putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekartoputri, Puan Maharani di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, menunjukkan keinginan Puan untuk mencalonkan diri pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi hal ini, Analis Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menjelaskan, Jawa Timur, khususnya Surabaya dapat dijadikan titik awal karena wilayah tersebut memang manjadi salah satu basis PDIP. Dan Surabaya selama ini memang dijadikan barometer bagi PDIP.

"Karena itu, pemasangan baliho gambar Puan Maharani dapat diartikan juga sebagai tes ombak. Respons warga Jawa Timur, khususnya Surabaya, akan dijadikan tolok ukur pencalonan Puan Maharani," kata Jamil kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: Bermunculan Baliho Puan Maharani, Pertanda Menuju Pilpres 2024?

Jadi, kata Jamil, dapat dipahami alasam PDIP mengawali pemasanhan baliho Puan Maharani dari Surabaya. Sehingga, hasil tes ombak ini diyakini akan dilanjutkan ke daerah lain, seperti Bali, Jawa Tengah, dan Nysa Tenggara Timur (NTT).

 "Selain Baliho, Puan juga akan terus bersafari menyapa masyarakat. Terlihat setuap akhir pekan Puan suka berkunjung ke daerah, seperri Manado dan kemarin ke Solo," sambungnya.

Eks Dekan FIKOM IISIP ini menambahkan, safari Puan ini menguatkan analisis bahwa PDIP akan mengusungnya pada Pilpres 2024. Dan nampaknya, Puan akan menggunakan dua strategi, yakni melalui jalur darat dan jalur udara.

"Diperkirakan serangan dua jalur itu akan semakin intens dan meluas di masa mendatang. Tentu serangan itu akan diikuti oleh relawan dan kader militan PDIP," tandas Jamil.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini