Presiden Jokowi Soroti Lonjakan Covid-19 dari Klaster Keluarga

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 14 Juni 2021 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 337 2424980 presiden-jokowi-soroti-lonjakan-covid-19-dari-klaster-keluarga-RJXWyGyw7m.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti penularan Covid-19 yang berasal dari klaster keluarga. Penularan melalui jalur ini harus benar-benar diperhatikan.

Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/6/2021).

"Beliau (Presiden) juga menyarankan bahwa banyak kluster keluarga yang terjadi khususnya disebabkan oleh mudik, pariwisata seperti yang kemarin terjadi di Pangandaran, kemudian juga aktivitas makan sehingga beliau meminta agar ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi, ini benar-benar diperhatikan dan sekali lagi implementasinya di lapangannya diperketat," kata Budi.

"Untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang kegiatan kegiatan pariwisata yang berkerumun dan juga kegiatan-kegiatan makan bersama itu yang perlu ditekankan," tambah dia.

Presiden Jokowi, lanjut Budi, mengakui pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro perlu lebih didisiplinkan.

Karena itulah, Kepala Negara telah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memperketat aturan PPKM Mikro tersebut.

"Untuk implementasi di lapangan bapak Presiden menekankan sekali lagi bahwa protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin sesuai dengan aturan PPKM mikro sudah ada. Karena memang banyak, aturannya sudah baik untuk daerah merah, oranye, kuning tapi implementasi di lapangannya yang perlu disiplinkan," pungkas Budi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini