Menkes: Varian Covid-19 India Mendominasi Penyebaran di Jakarta, Kudus, dan Bangkalan

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 14 Juni 2021 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 337 2424944 menkes-varian-covid-19-india-mendominasi-penyebaran-di-jakarta-kudus-dan-bangkalan-SY5wr2ZQNp.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto : Ist)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) varian baru Covid-19 dari India yakni Delta telah menyebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Varian baru tersebut, kata Budi, telah mendominasi penyebaran di DKI Jakarta, Kudus (Jawa Tengah), dan Bangkalan (Jawa Timur). Ketiga wilayah tersebut menjadi zona merah penularan virus corona.

Hal tersebut dikatakan Budi usai mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/6/2021).

"Kami juga menambahkan, melaporkan juga ke Beliau kenapa ini penting karena beberapa daerah seperti Kudus kemudian, DKI Jakarta dan juga di Bangkalan memang sudah terkonfirmasi varian Deltanya atau B1617.2 atau juga varian dari India mendominasi," ucapnya dilihat dalam YouTube Sekretariat Presiden.

Budi menambahkan, varian baru Covid-19 dari India ini lebih cepat penularannya, namun tidak lebih mematikan. Karena itulah, ia ingin penerapan PPKM Skala Mikro dan disiplin protokol kesehatan didisiplinkan. Selain itu, vaksinasi dan testing harus pula dipercepat.

Baca Juga : Peneliti Temukan Varian Delta B1617.2 pada Orang yang Sudah Divaksin Covid-19

"Karena ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan ini perlu benar-benar kedua hal tadi dipercepat atau diperhatikan, implementasi di lapangan dan juga akselerasi vaksinasi," tuturnya.

Baca Juga : Varian Delta Covid-19 Ditemukan di Kudus, PB IDI Beri Peringatan!

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini