Varian Delta Covid-19 Ditemukan di Kudus, PB IDI Beri Peringatan!

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 14 Juni 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 337 2424893 varian-delta-covid-19-ditemukan-di-kudus-pb-idi-beri-peringatan-CDZkR9G7ku.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Varian Delta Covid-19 saat ini telah ditemukan di Kudus, Jawa Tengah. Bahkan, sebanyak 28 orang terdeteksi terpapar Covid-19 dari varian ini.

Merespon hal ini, Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban pun memberikan peringatan.

“Peringatan. Varian India (Delta) ditemukan pada 28 warga Kudus. Sedikit kelalaian kita, maka bisa menyebabkan bahaya lebih besar,” tegasnya lewat cuitan pribadinya, dikutip Senin (14/6/2021).

Bahkan, kata Zubairi, negara Australia yang kontrol perbatasannya ketat pun bisa ditembus oleh varian ini. Apalagi, varian Delta ini dikenal memiliki transmisi penularan yang lebih cepat dibandingkan dengan varian Covid-19 lainnya.

“Australia, yang kontrol perbatasannya ketat, bisa ditembus varian ini yang memang punya transmisibilitas lebih cepat dibanding varian lain. Waspada,” tegas Zubairi.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi melaporkan ada 28 kasus varian Delta Covid-19 yang ditemukan di Kudus, Jawa Tengah. “Kalau sampai sekarang ya, setidaknya dari data yang ada kemarin 34 spesimen yang diperiksa itu 28 varian B1617. Berarti ini kan kalau kita lihat persentasenya sangat tinggi. Ini kurang lebih yang kita periksa 2 minggu yang lalu,” ungkap Nadia.

Nadia juga mengingatkan waspada super spreader dari varian Delta ini. “Memang kecepatan penularannya (Delta Covid-19) ini, super spreadernya ini yang harus betul-betul kita waspadai,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Nadia, Kemenkes segera melaksanakan vaksinasi untuk seluruh usia diatas 18 tahun di Kudus. “Jadi makanya kemudian di Kudus pun, kita juga segera melaksanakan vaksinasi untuk seluruh usia diatas 18 tahun,” paparnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini