Dear Mahasiswa, Rektor UNS Paparkan Hal Penting Ini untuk Kuliah Daring

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Senin 14 Juni 2021 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 337 2424572 dear-mahasiswa-rektor-uns-paparkan-hal-penting-ini-untuk-kuliah-daring-niIlzgfEMp.jpg Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho

JAKARTA - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) memaparkan tantangan dalam menjalani kuliah daring. Menurutnya, setiap orang pasti tak ada yang siap dengan perubahan mendadak.

"Pada saat itu 16 Maret 2020 kita menjalankan kuliah daring pertama. Tentu pada saat itu kita gak siap, orang tak siap kalau ada perubahhan mendadak, tapi kita harus cepat merespon segala perubahan," jelasnya dalam Special Dialogue Okezone.

Ia pun menjelaskan empat faktor penting dalam menjalani kuliah online. Empat hal ini akan saling berkaitan dan sangat mempengaruhi hasil akhir dari pembelajaran.

"Satu, jaringan internet, itu nyawanya, kalau tak ada jaringan, jangan harapkan perkuliahan daring," ungkapnya.

"Kedua, alatnya, kalau ada jaringan tapi alatnya tak memadai ya tetap susah, artinya apa, ya harus dengan komputer atau handphone yang memadai," ucapnya lagi.

"Tiga, mohon maaf, uang. Ada tambahan dana ada kuota di situ," imbuhnya.

Namun, menurutnya, tapi dari tiga itu, yang paling penting adala materi. Di zaman serba maju, penyampaian materi perkuliahan menjadi titik nadir dari sukses apa tidaknya perkuliahan daring.

"Materi menarik tidak? saya yakin milenial lebih tertarik oleh materi yang didesain dengan baik. Butuh inovasi dan kreasi dari dosen, di UNS kami coba, dosen yang agak manula, diajarkan membuat desain yang lebih menarik, substansi dari dosen, tetapi, kreasi penyajian, saya minta para mahasiswa itu bantu," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini