Indonesia Incar Seribu Kuota Haji untuk WNI di Arab Saudi

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Sabtu 12 Juni 2021 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 337 2424242 indonesia-incar-seribu-kuota-haji-untuk-wni-di-arab-saudi-EaTG8hH59n.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia mengincar sebanyak seribu kuota haji untuk warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Arab Saudi agar mendapatkan jatah untuk bisa melaksanakan ibadah rukun Islam kelima itu.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menegaskan pihaknya tengah mengupayakan hal tersebut setelah Arab Saudi memutuskan haji hanya dilaksanakan bagi jamaah dalam negeri.

"Kita sedang upayakan agar dapat kuota 1000 WNI yang sedang bermukim di Saudi bisa berhaji tahun ini. Tahun lalu hanya puluhan," ujar Agus dalam keterangannya, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Pembatasan Jamaah Haji, Menag: Kita Fokus Persiapan Haji 1443 H

Agus menjelaskan bahwa WNI yang mendapat jatah haji nantinya akan mendapatkan seluruh fasilitas dari Pemerintah Arab Saudi. "Ekspatriat yang lolos berhaji akan mendapat semua fasilitas gratis dari pemerintah saudi," ungkapnya.

Semua fasilitas itu nantinya, kata Agus, akan ditanggung seluruhnya oleh Pemerintah Arab Saudi. "Hotel/penginapan, konsumsi, akomodasi dll semua ditanggung," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Arab Saudi memutuskan pelaksanaan haji 2021 hanya diperuntukkan bagi jemaah yang sudah berada di dalam negeri, baik warga lokal maupun ekspatriat.

Baca juga: Arab Saudi Batasi Ibadah Haji Hanya untuk Jamaah Usia 18-65 Tahun

Ini mengulangi pelaksanaan haji pada 2020 di mana hanya warga lokal yang diberi kesempatan menunaikan Rukun Islam ke-5 itu.

Kementerian Kesehatan serta Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan kebijakan pelaksanaan haji pada Sabtu (12/6/2021) dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19, sebagaimana dikutip dari Arab News.

Kementerian mengumumkan, pelaksanaan haji tahun ini akan diikuti 60.000 jemaah. Usia jemaah juga dibatasi yakni 18 sampai 65 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini