Humas Wisma Atlet: Keterisian Pascalibur Lebaran dari 900 Jadi 4.500 Pasien

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 12 Juni 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 337 2424146 humas-wisma-atlet-keterian-pascalibur-lebaran-dari-900-jadi-4-500-pasien-0TlnVkNFTk.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Komandan Lapangan sekaligus Humas RSDC Wisma Atlet Letkol Laut (K) M Arifin melaporkan tingkat keterisian Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran terus melonjak pascalibur Lebaran.

Arifin mengatakan pada saat Lebaran dan per 17 Mei tingkat keterisian Wisma Atlet Kemayoran di posisi terendah yakni hanya 15% dengan pasien Covid-19 sebanyak 900an orang. Kemudian, lonjakan pasien Covid-19 kini sebanyak 4.507 orang yang dirawat pada hari ini, Sabtu (12/6/2021).

“Jadi bisa kami sampaikan, bahwa kita di pas lebaran ini kita turun, Lebaran itu masih turun. 17 Mei kita masih berada pada angka 15%. Pasien tinggal 900. Nah, sebenarnya itu sudah bagus sekali namun memang sesuai prediksi habis lebaran kan meningkat dan meningkat. Terbukti sampai saat ini meningkat,” ungkap Arifin dalam keterangannya, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Antisipasi Wisma Atlet Penuh, Arifin: Kita Terpaksa Pakai Tower 8 dan 9

Sehingga, belum ada sebulan tingkat keterisian Wisma Atlet dari 15% kini 75%. “Jadi dari 15%, saat ini sudah 75%. Berarti naiknya cukup tinggi sekali ini memang semua efek dari liburan Lebaran tentunya,” papar Arifin.

Sementara itu, Arifin mengatakan bahwa pasien Wisma Atlet didominasi dari wilayah zona merah di DKI Jakarta, termasuk dari kawasan Cipayung dan Cilangkap, Jakarta Timur.

“Jadi masih lanjut dari 6 kelurahan yang ada di termasuk di Cipayung area, termasuk dari klaster yang kampung Cilangkap itu, RT 3, RW 3 itu, tracing tracking itu kan tetep jalan. Testing antar kampung siapa-siapa semua kan di tracking. Sehingga itulah yang mengakibatkan angka itu semakin banyak angka positif yang ditemukan sehingga tracing dan tracking semakin tinggi. Testing juga semakin tinggi,” katanya.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Melonjak, Letkol Arifin: Ini Sudah "Lampu Merah!"

“Sehingga termasuk yang Kamayoran juga termasuk merah. Kemudian Ciracas juga masuk merah. Kemudian Cilangkap, Cipayung tadi itu masuk merah juga. Artinya, walaupun Puskesmas yang lain juga mengirimkan (pasien), Kembangan kemarin 15 ya, Pasar Minggu, Setiabudi, Tebet ya, kemudian Priok itu juga tinggi juga, mengirimkan banyak juga. Hari ini juga mengirimkan,” ungkap Arifin.

Bahkan, kata Arifin, hampir semua Puskesmas yang ada di Jakarta mengirimkan pasien Covid-19 ke Wisma Atlet. “Itu yang terjadi memang hampir rata kalau saya bilang di Jakarta ini hampir rata semua ada, Puskesmas itu ya mengirim," tuturnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini