Humor Gus Dur, "Katanya Demokrasi, Kok Bermimpi Saja Dilarang"

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 12 Juni 2021 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 337 2423999 humor-gus-dur-katanya-demokrasi-kok-bermimpi-saja-dilarang-mkD7b6vRRD.jpg Gus Dur.(Foto:Dok Okezone)

PRESIDEN Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal memiliki selera humor yang tinggi. Humor-humor Gus Dur Cerdas namun bisa membuat yang membaca tertawa terpingkal-pingkal. Berikut cuplikan humor atau anekdot Gus Dur yang diambil dari NU.online.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mohamad Mahfud MD melalui akun twitter pribadinya, mengunggah humor yang pernah dilontarkan Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Mahfud berkisah, pada saat penataran Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4), Gus Dur tertidur. Seperti telah jamak diketahui bahwa cucu pendiri Nahdlatul Ulama, Hadhratussyekh KH Hasyim Asy’ari itu memang kerap tidur dalam setiap acara yang diikutinya.

Saat tidur dalam penataran P4 itu, Gus Dur dibangunkan oleh penatar. Ia lantas ditanya tentang konsep demokrasi.

Baca Juga: Humor Gus Dur: Ketika Presiden Tidak Dikenal Staf Menteri Agama

Dengan santainya, Gus Dur kemudian bangun dan mengatakan bahwa ia bermimpi bertemu dengan Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

“Saya baru bermimpi bertemu dengan Bung Karno dan menceritakan kepada saya tentang konsep demokrasi,” kata Gus Dur dikutip Mahfud.

Mendengar pernyataan Gus Dur yang aneh dan nyeleneh itu, penatar merasa heran.

“Ini serius. Jangan bicara mimpi.” Lagi-lagi dengan santainya

Gus Dur menjawab, “Katanya demokrasi, kok bermimpi saja dilarang.”

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini