Survei Median: Pancasila Sudah Tepat sebagai Dasar Negara

Arief Setyadi , Okezone · Sabtu 12 Juni 2021 02:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 337 2423950 survei-median-pancasila-sudah-tepat-sebagai-dasar-negara-RBEokTusDx.jpg Peneliti Median, Rico Marbun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Media Survei Nasional (Median) melakukan penelitian mengenai Pancasila. Ditemukan, mayoritas netizen Indonesia yang juga sebagai responden sepakat Pancasila sudah tepat menjadi dasar negara Indonesia.

Peneliti Median, Rico Marbun mengatakan, dalam survei menanyakan responden terkait sudah tepat atau tidaknya Pancasila sebagai dasar negara. Selain itu, juga ditanyakan apakah Pancasila layak diganti atau tidak.

“Ternyata netizen yang menyatakan sudah tepat sebagai dasar negara sebanyak 95,9%. Sedangkan sebanyak 1,8 persen menyatakan tidak tepat, dan perlu diganti yang lain. Dan sebanyak 2,4 persen menjawab tidak tahu,” kata Rico melalui siaran persnya, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga:  BPIP Sosialisasikan Pancasila Lewat Pagelaran Wayang Virtual 'Lahire Bima'

Sementara dari sisi pengenalan masyarakat terhadap Pancasila sebagai dasar negara, berdasarkan hasil survei terlihat sudah sangat tinggi. “Ketika kami tanyakan kepada responden, terkait apakah dasar negara republik Indonesia, ternyata sebanyak 94,5 persen menjawab dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Hanya 5.5 persen aja yang menjawab tidak tahu,” terangnya.

Survei berbasis media sosial Facebook ini dilakukan terhadap responden pengguna media sosial Facebook, dengan menyebarkan form kuesioner berbasis google form kepada pengguna aktif Facebook berusia 17 sampai 60 tahun ke atas. Form pertanyaan disebar secara proporsional terhadap 1.013 responden pengguna Facebook di 34 provinsi, dalam rentang waktu 30 Mei hingga 3 Juni 2021.

Baca Juga: Pancasila Disebut "Obat Mujarab" Atasi Radikalisme di Indonesia, Begini Penjelasannya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini