Cerita Megawati Buat Pucat Muka Jaksa Agung

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 11 Juni 2021 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 337 2423802 cerita-megawati-buat-pucat-muka-jaksa-agung-Cfkxc7uQn8.jpg Presiden kelima Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa dunia politik itu dinamis. Menurut dia, politik itu seperti roda yang selalu berputar.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu pun menceritakan saat dirinya pernah diperiksa oleh salah satu penyidik dari Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk suatu pendalaman kasus. Kala itu, dia melontarkan pertanyaan kepada penyidik Korps Adhyaksa soal apakah dirinya akan ditahan atau dipulangkan.

Menurutnya, pertanyaan itu dilontarkan agar bisa memberitahu kepada keluarga di rumah bahwasanya dia pulang agak telat. Selain dari Kejagung, dia turut menyinggung pengalamannya ketika diperiksa oleh polisi sebanyak tiga kali.

"Saya pernah lho zaman lagi PDI itu, diperiksa, polisi itu tiga kali. Terus udah pernah ditanya di Kejaksaan dari jam delapan pagi. Kalau saya enggak ngomong gini, 'sebenarnya saya mau ditangkap atau tidak toh? Lho kenapa ibu nanya begitu?'" ujar Megawati saat pengukuhan gelar Profesor Kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap oleh Unhan, Jumat (11/6/2021).

"Saya musti ngomong sama orang rumah saya," timpal Megawati.

Baca juga: Jokowi: Megawati Selalu Perjuangkan Nasib Wong Cilik

Kemudian, setelah beberapa tahun kemudian dirinya pun menjabat sebagai Presiden kelima Indonesia. Lalu, Megawati pun mendapat kesempatan untuk menjadi inspektur upacara di Kejagung.

Di sela-sela acara itu, Megawati bertanya kepada Jaksa Agung dengan berbisik apakah penyidik yang dulu memeriksanya ada di lokasi acara atau tidak.

Mengawati mengungkapkan bahwa saat itu muka Jaksa Agung mendadak pucat. Sambil terkekeh, ia pun heran mengapa respons orang nomor satu di Korps Adhyaksa seperti itu.

Baca juga: Curhat saat Soekarno Dilengserkan, Megawati: Saya Tak Sekolah dan Hidup Seperti Rakyat Biasa

"Saya nanya ke Jaksa Agung, padahal nanyanya enggak melebar, saya bisik-bisik, 'Pak Jaksa Agung dulu yang meriksa saya juga ada di lapangan atau enggak ya?. Wah langsung Jaksa Agung pucet, lho kenapa ya, kan gitu," tuturnya.

"Siap ibu ada, ibu mau apakan? lho kok ibu mau apakan, saya kan cuma tanya saja," tutur Megawati.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini