Jokowi: Megawati Selalu Perjuangkan Nasib Wong Cilik

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 337 2423732 jokowi-megawati-selalu-perjuangkan-nasib-wong-cilik-ubuUKd2M6B.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut keputusan Universitas Pertahanan (Unhan) menganugerahkan gelar Profesor Kehormatan kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputi sangat tepat.

(Baca juga: Curhat saat Soekarno Dilengserkan, Megawati: Saya Tak Sekolah dan Hidup Seperti Rakyat Biasa)

Jokowi mengakui kiprah Megawati dalam bangsa ini sudah sangat banyak. Terlebih, ia selalu memperjuangkan nasib wong cilik serta membangkitkan gerakan politik masyarakat bawah.

"Keteguhan dan konsistensi beliau sudah sangat teruji dalam memperjuangkan nasib wong cilik, dalam memperjuangkan demokrasi dan hak hak rakyat serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara," ujarnya dalam konferensi video, Jumat (11/6/2021).

(Baca juga: Sembako Kena Pajak, PKS: Pemerintah Panik karena Utang Menggunung!)

Masih kata Jokowi, sebagai aktivitas pejuang demokrasi, Megawati menjadi simbol keberanian untuk memperjuangkan hak-hak politik rakyat. Ketua Umum PDI Perjuangan itu juga telah membangkitkan gerakan politik masyarakat bawah.

"Gerakan politik wong cilik yang sedang memperjuangkan hak-hak politiknya dan atas dukungan para pejuang demokrasi yang lain, perjuangan tersebut membuahkan reformasi," tuturnya.

Sebagai informasi, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan Unhan tertuang dalam surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 33271/MPK.A/KP.05.00/2021.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini