Dikukuhkan Gelar Profesor, Megawati: Kehormatan Ini Bawa Tanggung Jawab dalam Diri Saya

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 337 2423681 dikukuhkan-gelar-profesor-megawati-kehormatan-ini-bawa-tanggung-jawab-dalam-diri-saya-P3mWzav4KO.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Presiden kelima Megawati Soekarnoputri mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak atas pengukuhan gelar profesor kehormatan tidak tetap dari Universitas Pertahanan (Unhan).

Menurut dia, gelar profesor ilmu pertahanan bidang kepemimpinan strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Unhan ini akan menjadi tanggung jawab tersendiri dalam hidupnya.

"Saya sungguh terhormat dan bersyukur atas gelar profesor dari universitas ini. Saya mengucapkan terima kasih atas rektor dan senat akademis dan saya terima kasih untuk menyampaikan orasi ilimiahnya," kata Megawati dalam sidang pengukuhannya, Jumat (11/6/2021).

Mengawati mengatakan, dirinya dikukuhkan dengan gelar tertinggi dalam dunia akademis ini karena dinilai telah memenuhi syarat dan legal administratif sehingga diangkat menjadi profesor.

"Dan saya adalah mandataris MPR RI terakhir di dalam menangangi krisis multideminsi yang terjadi saat itu. Gelar kehormatan ini membawa tanggung jawab tersendiri dalam diri saya," imbuhnya.

Baca juga: Pengukuhan Profesor Kehormatan Megawati, Ratusan Karangan Bunga Hiasi Unhan

Ketua Umum PDIP itu kemudian menyinggung falsafah Jawa Cakra Manggilingan yakni manusia harus bisa menerima bahwa dunia ini berputar dan hidup dapat berubah.

"Saya terlahir sebagai anak Presiden dan waktu kelahiran saya terjadi kles pertama dan kles kedua dan praktis keluarga kami baru bisa ke Jakarta pada tahun 50," ujarnya.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Akan Hadiri Pengukuhan Gelar Profesor Megawati Hari Ini

Megawati juga menyinggung peristiwa G30S PKI pada 1965. Saat itu, lanjut dia, dirinya hidup sebagai rakyat biasa setelah Presiden Soekarno digulingkan dari kepemimpinanya.

"Masa itu memang masa sulit bagi kami, tapi akhirnya roda berputar dan sejarah menggil saya dan menjadi anggota DPR 3 periode dan menjadi wakil presiden dan Presiden kelima Indonesia," tuturnya.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya telah mendapat 9 gelar doktor honoris causa dari universitas di dalam dan luar negeri. "Sebenarnya kalau tidak ada Covid-19 masih ada beberapa lagi yang menunggu untuk memberikan gelar honoris dari dalam dan luar negeri," kata dia.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini