Jubir Prabowo Klaim Hampir 10 Ribu Orang Daftar Komponen Cadangan

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 11 Juni 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 337 2423631 jubir-prabowo-klaim-hampir-10-ribu-orang-daftar-komponen-cadangan-GSrUg4ohRm.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mencatat hampir sebanyak 10.000 orang yang telah mendaftarkan diri masuk dalam komponen cadangan (Komcad). Para pendaftar masuk kedalam pendaftaran gelombang pertama yang berlangsung pada 2-7 Juni 2021.

Juru Bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan, antusiasme masyarakat yang cukup tinggi terkait dengan Komcad membuktikan mereka amat ingin berkontribusi lebih terhadap pertahanan negara.

"Jumlah pendaftar sangat antusias, sampai ditutup jumlah pendaftar baik online maupun offline mendekati 10 ribu orang," ujar Dahnil melalui keterangan tertulis, Jumat (11/6/2021).

Baca juga:  Kemhan Buka Seleksi Komponen Cadangan, Ini Syaratnya

Setelah proses pendaftaran, sambung Dahnil, seluruh pendaftar akan melalui tahapan seleksi kompetensi di Rindam-Rindam yang ada di pulau Jawa. Seleksi kompetensi tersebut dimulai sejak tanggal 7 Juni sampai dengan 17 Juni mendatang.

Baca juga:  Megawati Soekarnoputri Dikukuhkan Sebagai Profesor Kehormatan Unhan

Dia memaparkan, jika dalam tahap ini lolos, maka peserta berhak mengikuti Latihan Dasar Militer (Latsarmil) selama tiga bulan. Nantinya, jelas dia, hanya dipilih 2.500 orang untuk mengikuti Latsarmil yang mulai 21 Juni sampai 21 September.

"Setelah itu akan ditetapkan sebagai anggota Komcad guna memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI kita untuk pertahanan negara," ungkapnya.

Sebagai informasi, Kemhan telah resmi membuka seleksi pendaftaran Komcad 2021. Seleksi tersebut dalam rangka memperkuat pertahanan negara melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) sekaligus memenuhi hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini