Deretan Pasukan Elite yang Dimiliki Indonesia

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2423354 deretan-pasukan-elite-yang-dimiliki-indonesia-V98RSN4lOV.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia sebagai negara kepulauan wajib memiliki tameng pertahanan yang kuat agar tetap berdaulat, aman, dan tentram. Maka dari itu, dibutuhkan pasukan khusus yang berkonsentrasi menjaga keamanan di Tanah Air dari ancaman negara lain.

Berikut adalah daftar pasukan elite Indonesia yang siap menjadi perisai utama bumi pertiwi:

1. Kopaska

Komando Pasukan Katak atau Kopaska adalah pasukan khusus dari TNI Angkatan Laut yang dibentuk pada 31 Maret 1962 oleh presiden pertama RI, Soekarno. Pendirian Kopaska dilatar belakangi oleh kegiatan mendukung kampanye militer di Irian Jaya.

Tugas utama yang diemban Kopaska adalah peledakan bawah air, termasuk sabotase rahasia ke kapal musuh, penghancuran instalasi bawah air dan mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi.

Kopaska telah berhasil melakukan beberapa operasi militer, seperti pembebasan Papua Barat, operasi khusus Kikis Bajak, dan operasi khusus Lusitania Expresso. Hingga saat ini, Kopaska terbagi dalam 2 komando yang ada di ujung Surabaya dan Satuan Pasukan Katak Armabar di Jakarta Utara.

2.Paskhas

Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara ini lekat dengan sebutan ‘baret jingga’. Paskhas adalah satuan tempur darat dengan kemampuan 3 matra, yakni darat, laut dan udara. Paskhas dibentuk atas usulan Gubernur Kalimantan, Pangeran Ir Mohamad Noor kepada AURI untuk mengirimkan pasukan payungke Kalimantan demi berbagi tugas pada 1947.

Ciri khas tugas tambahan Paskhas yang tidak dimiliki pasukan lainnya adalah operasi pembentukan dan pengoperasian pangkalan udara depan atau OP3UD. Operasi ini memiliki tujuan untuk merebut dan mempertahankan pangkalan dan menyiapkan pendaratan pesawat serta penerjunan pasukan.

3. Denjaka

Denjaka atau Detasemen Jalamangkara adalah pasukan elite milik TNI Angkatan Laut yang terdiri dari personel Kopaska dan Taifib (Batalion Intai Amfibi). Memiliki moto ‘Satya Wira Dharma’ , Denjaka dikhususkan untuk satuan anti teror, walaupun bisa ditempatkan di mana saja terutama untuk anti teror laut.

Para anggota Denjaka bukanlah prajurit sembarangan dan orang-orang terpilih. Personel Denjaka ditempa secara luar biasa dan wajib memiliki kecerdasan tinggi.

Baca juga: 9 Pasukan Elite TNI yang Sangat Mematikan, Nomor 1 Setara 120 Prajurit

4. Tontaipur

Tontaipur (Pleton Intai Tempur) milik Kostrad ini dibentuk dengan tujuan untuk melatih prajurit satuan jajaran Kostrad agar memiliki kemampuan khusus untuk menjalankan operasi di segala medan. Pasukan ini didirikan berdasarkan keinginan Letjen TNI Ryamizard Ryacudu untuk memiliki pasukan yang lebih kecil dan efektif dalam hal penanganan. Maka dari itu, Tontaipur biasa bergerak cepat dan dalam senyap.

5. Yontaifib

Korps Marinir memiliki pasukan elite yang bernama Yontaifib atau Batalyon Intai Amfibi. Keahlian pasukan ini adalah melakukan pengintaian amfibi dalam sebuah operasi dan pengintaian khusus atau special reconnaissance. Dari Yontaifib, kemudian akan direkrut prajurit terpilih untuk bergabung dalam Denjaka.

Yontaifib memiliki semboyan ‘Maya Netra Yamadipati’ dan terkenal keras dalam mendidik siswa latihan.

Baca juga: Koopssus TNI Resmi Dibentuk, Polri Bicara soal Kekuatan Sinergitas

6. Kopassus

Anggota Kopassus (Komandan Pasukan Khusus) harus mempunyai keahlian khusus, seperti menembak dengan cepat, mampu bergerak di segala bidang, pengintaian dan anti terror. Pasukan elite milik TNI Angkatan Darat ini bertugas melakukan serangan-serangan langsung untuk membidik logistik lawan dan operasi intelejen khusus. Karena misi dan tugas Kopassus sangat rahasia, maka rata-rata tugasnya tidak pernah diketahui secara menyeluruh.

7. Satgultor 81

Masih bagian dari TNI AD, Satgultor 81 ditugaskan khusus untuk mengatasi teror, perang kota, intelejen dan kontra intelejen. Pasukan ini menjadi andalan untuk menjaga pertahanan NKRI. Sementara itu, kekuatan daru Satgultor 81 memang tidak dipublikasi secara luas oleh Dansat-81 ataupun Kopassus.

8. Satbravo-90

Satuan Bravo’90 Pasukan Khas atau Satbravo-90 Paskhas merupakan satuan pelaksana operasi khusus Korpaskhas yang berkedudukan langsung di bawah Dankorpaskhas. Dilansir dari situs resmi Komando Korps Paskhas, Satbravo-90 mempunyai tugas untuk melaksanakan operasi intelijen, melumpuhkan alutsista atau instalasi dan penindakan teror bajak udara.

Satuan ini muncul pada era kepemimpinan Marsma TNI Maman Suparman yang menjabat sebagau Komandan Puspakhas pada 1990.

9. Batalyon Raider

Batalyon Raider adalah bagian dari batalyon pasukan elite infanteri TNI. Setiap Batalyon Raider memiliki 747 personel. Fokus utamanya adalah untuk melakukan penyergapan. Tak mudah menjadi bagian dari pasukan ini. Bahkan 50 orang dari jumlah personel yang ada harus memiliki kemampuan anti terror dan keahlian khusus lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini