Pimpinan KPK Tegaskan Tidak Ada Penyelundupan Pasal TWK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 21:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2423334 pimpinan-kpk-tegaskan-tidak-ada-penyelundupan-pasal-twk-2nOXKgC45c.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron buka suara soal adanya isu penyelundupan pasal mengenai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ditegaskan Ghufron, isu penyelundupan pasal TWK dalam Perkom tersebut tidak benar. Ia menyatakan penyusunan draf Perkom Nomor 1 Tahun 2021 sudah dilakukan secara transparan baik di internal KPK maupun oleh pihak eksternal.

"Tidak benar ada Pasal selundupan, Pasal yang tidak pernah dibahas. Semuanya melalui proses pembahasan dan semua terbuka," ujar Ghufron di Kantor Ombudsman RI, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/6/2021).

Ghufron menjelaskan, draf Perkom Nomor 1 Tahun 2021 sudah diunggah melalui portal KPK sejak 16 November 2020. Dengan demikian, draf Perkom tersebut bisa diunggah dan dilihat oleh seluruh pegawai KPK sebelum pada akhirnya diharmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Dia mengklaim bahwa gagasan mengenasi asesmen TWK muncul dalam pembahasan lanjutan draf Perkom tersebut. Di mana, ada sejumlah syarat untuk pegawai KPK bisa diangkat menjadi ASN sebagaimana ketentuan yang termuat dalam Pasal 3 PP 41/2020 dan Pasal 5 ayat 2 Perkom 1/2021.

Baca Juga : Dewas Proses Laporan Dugaan Pelanggaran Etik Pimpinan KPK Lili Pintauli Siregar

Beberapa di antaranya, terkait kompetensi, integritas, dan kesetiaan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan pemerintahan yang sah. "Maka, muncullah saat rapat di Kemenkumham atau Kemenpan-RB ide asesmen terhadap wawasan kebangsaan," terang Ghufron.

"Jadi, tidak benar kalau kemudian prosesnya muncul di tengah jalan, tapi tentu semuanya berkembang dinamis," imbuhnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini