5 Fakta Gerhana Matahari Cincin, Kapan Bakal Terjadi Lagi?

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 11 Juni 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2423259 5-fakta-gerhana-matahari-cincin-kapan-bakal-terjadi-lagi-2HrqRnvkOh.jpg Gerhana matahari cintin. (Foto: Forbes)

JAKARTA - Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) sudah berlangsung kemarin sore, Kamis 10 Juni 2021. GMC kali ini hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada), serta kawasan Siberia (Rusia) sekira pukul 17.43 WIB.

Berikut sejumlah fakta-fakta tentang gerhana matahari cincin, sebagai berikut:

1. Tidak Terlihat dari Indonesia

GMC pada 10 Juni 2021 sayangnya tak bisa dilihar dari wilayah Indonesia. Namun, sejumlah penyedia streaming menghadirkan fenomena tersebut secara real time.

Masyarakat bisa melihat fenomena ini di Time and Date, CosmoSapiens, Virtual Telescope, Youtube Solar Eclipse Task Force dan Space Today.

2. Apa itu Gerhana Matahari Cincin?

Informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Gerhana Matahari Cincin adalah sebuah fenomena yang terjadi ketika ketika Matahari, Bulan dan Bumi berada pada satu garis lurus.

Baca juga: Mengenal Gerhana Matahari Cincin

Pada waktu terjadi gerhana, Bulan yang menutupi Matahari tampak lebih kecil, sehingga tidak mampu menghalangi seluruh cahaya Matahari. Fase bulan baru kali ini terjadi pada 10 Juni 2021 pukul 17.52 WIB dengan jarak 404.245 kilometer dari Bumi dan terletak di konstelasi Taurus.

3. Bagaimana Proses Terjadinya?

Gerhana Matahari sendiri terjadi saat bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Dengan begitu bayangannya jatuh di Bumi dan menghalangi cahaya Matahari.

Sementara itu bentuk cincin akibat jarak Bulan yang kali ini berada cukup jauh dari orbit elipsnya. Artinya Bulan tidak akan sepenuhnya menutupi permukaan Matahari seperti saat Gerhana Matahari Total.

"Ini tidak akan terlihat seperti Matahari biasa," kata Jackie Faherty, astrofisikawan di American Museum of Natural History, dilansir dari laman Space, Kamis (10/6/2021).

Gerhana Matahari Cincin Api akan terlihat sempurna di garis lintang paling utara. Termasuk di wilayah Kutub Utara, sebagian Greenland dan Kanada.

Fenomena ini, kata Faherty, terbilang cukup keren sebab bayangan bulan akan melewati Bumi. Khususnya akan terlihat di Kutub Utara, padahal menurutnya cukup jarang Gerhana Matahari yang bisa melewati wilayah tersebut.

4. Bakal Ada 4 Kali GMC hingga 2027

Lantas, kapan akan fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi lagi? Menurut laman Time and Date, hingga 2027 mendatang akan terjadi 4 kali GMC, berikut detailnya.

14 Oktober 2023

Akan terlihat di Afrika Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Arktik

2 Oktober 2024

Sebagian besar Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Antartika

17 Februari 2026

Akan terlihat di Afrika Selatan/Timur, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Samudra Hindia, Antartika

6 Februari 2027

Sebagian besar Afrika, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Antartika

5. Jangan Dilihat Langsung!

Selain disebut sangat indah, gerhana matahari cincin juga ternyata sangat berbahaya.

Saat terjadi gerhana total, sebagian, atau gerhana cincin kita tidak boleh mencoba mengamati dengan mata telanjang.

Melihat langsung gerhana matahari penuh atau sebagian dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. ARPANSA merekomendasikan melihat gerhana secara tidak langsung.

Teknik paling aman untuk melihat gerhana matahari adalah melihat secara tidak langsung. Misalnya, kita dapat dengan mudah memproyeksikan gambar matahari ke layar atau kita dapat melihat streaming langsung di TV atau online.

Khususnya mata anak-anak yang sangat halus dan mengirimkan lebih banyak cahaya ke retina. Hal ini membuat mata anak-anak lebih rentan terhadap kerusakan akibat cahaya yang intens.

Penggunaan yang aman dari kacamata ini bergantung pada kemampuan penyaringan lensa dan desain bingkai. Meskipun lensa disertifikasi untuk memenuhi standar yang berlaku, penggunaan kacamata yang tidak tepat masih dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius.

ARPANSA merekomendasikan agar kacamata gerhana matahari tidak digunakan untuk melihat gerhana matahari secara langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini