Jangan Terlewat! Berikut Daftar Link Menonton Gerhana Matahari Cincin Sore Ini

Tim Okezone, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2423171 jangan-terlewat-berikut-daftar-link-menonton-gerhana-matahari-cincin-sore-ini-BtnjSyMaX4.jpg Gerhana matahari cintin. (Foto: DNA India)

JAKARTA - Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) terjadi hari ini, Kamis 10 Juni 2021. Meskipun tak bisa disaksikan dari Indonesia, sejumlah situs streaming menyediakan layanan untuk menonton secara langsung.

1. Time And Date

www.timeanddate.com/live/eclipse-solar-2021-june-10

2. CosmoSapiens

www.youtube.com/watch?v=cJ9fDbx7QkM

3. Situs Virtual Telescope Project

www.virtualtelescope.eu/webtv/

4. Situs Solar Eclipse Task Force

www.youtube.com/watch?v=mZV8Q2jNVBM

5. Space Today

www.youtube.com/watch?v=LatbpHZHG_8

Lantas, apa itu gerhana matahari cincin? Informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Gerhana Matahari Cincin adalah sebuah fenomena yang terjadi ketika ketika Matahari, Bulan dan Bumi berada pada satu garis lurus.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Sangat Berbahaya, Jangan Pernah Dilihat dengan Mata Telanjang!

Pada waktu terjadi gerhana, Bulan yang menutupi Matahari tampak lebih kecil, sehingga tidak mampu menghalangi seluruh cahaya Matahari. Fase bulan baru kali ini terjadi pada 10 Juni 2021 pukul 17.52 WIB dengan jarak 404.245 kilometer dari Bumi dan terletak di konstelasi Taurus.

Fenomena GMC kali ini hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada), serta kawasan Siberia (Rusia). Kenampakan maksimum fenomena ini terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Sementara di wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara di Asia Tengah, dan China, dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini