Gerhana Matahari Cincin Sangat Berbahaya, Jangan Pernah Dilihat dengan Mata Telanjang!

Tim Okezone, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2422913 gerhana-matahari-cincin-sangat-berbahaya-jangan-pernah-dilihat-dengan-mata-telanjang-RhQGu4kgmW.jpg Gerhana matahari cintin. (Foto: Forbes)

JAKARTA - Gerhana matahari cincin terjadi bertepatan dengan fase bulan baru pada hari ini, Kamis 10 Juni 2021. Sayangnya, fenomena langka ini tidak bisa disaksikan di Indonesia.

Tetapi, ternyata ini sebuah keberuntungan juga. Selain disebut sangat indah, gerhana matahari cincin juga ternyata sangat berbahaya.

Saat terjadi gerhana total, sebagian, atau gerhana cincin kita tidak boleh mencoba mengamati dengan mata telanjang.

Baca juga: Hari Ini Gerhana Matahari Cincin, Ini yang Patut Diwaspadai

Melihat langsung gerhana matahari penuh atau sebagian dapat menyebabkan kerusakan mata permanen. ARPANSA merekomendasikan melihat gerhana secara tidak langsung.

Teknik paling aman untuk melihat gerhana matahari adalah melihat secara tidak langsung. Misalnya, kita dapat dengan mudah memproyeksikan gambar matahari ke layar atau kita dapat melihat streaming langsung di TV atau online.

Khususnya mata anak-anak yang sangat halus dan mengirimkan lebih banyak cahaya ke retina. Hal ini membuat mata anak-anak lebih rentan terhadap kerusakan akibat cahaya yang intens.

Baca juga: Besok Gerhana Matahari Cincin, Bisa Dilihat dari Mana Saja?

Penggunaan yang aman dari kacamata ini bergantung pada kemampuan penyaringan lensa dan desain bingkai. Meskipun lensa disertifikasi untuk memenuhi standar yang berlaku, penggunaan kacamata yang tidak tepat masih dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius.

ARPANSA merekomendasikan agar kacamata gerhana matahari tidak digunakan untuk melihat gerhana matahari secara langsung.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini