Sekolah Tatap Muka, Satgas Covid: Keputusan Menghadirkan Anak Ada di Orang Tua

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2422785 sekolah-tatap-muka-satgas-covid-keputusan-menghadirkan-anak-ada-di-orang-tua-Y5DV6VisnY.jpg Ilustrasi (Foto : Antara)

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menjelaskan, opsi menghadirkan anak pada saat pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah berada di orang tua. Keselamatan peserta didik dan tenaga pendidik adalah hal utama dari hal ini.

"Sesuai arahan Presiden, kegiatan pembelajaran tatap muka dilakukan maksimal 25 persen dari kapasitas peserta didik, dan tidak boleh lebih dari dua hari dalam seminggu, serta maksimal dua jam setiap harinya," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Rabu (9/6/2021)

"Opsi menghadirkan anak berada di tangan orang tua dan pemerintah memastikan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas ini dilakukan dengan tetap mengupayakan kesehatan keselamatan dan keamanan dari peserta didik," tambah dia.

Wiku menuturkan, berdasarkan data, kasus usia antara enam sampai dengan 18 tahun, menyumbang 9,6 persen kasus positif dan 0,6 persen pada kematian nasional. Maka dari itu penting untuk diingat kesempatan pembukaan sektor pendidikan ini harus dijaga stabilitasnya secara hati-hati dan terbatas.

"Seluruh guru yang ikut dalam pembelajaran tatap muka juga harus sudah divaksin dan dipastikan tidak memiliki penyakit komorbid," tutup dia.

Baca Juga : Belajar dari Lonjakan Kasus Covid-19, Terapkan Pencegahan Sebelum Pengobatan

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini