Peristiwa 10 Juni: Jembatan Suramadu Diresmikan, Bendungan di China Jebol

Tim Okezone, Okezone · Kamis 10 Juni 2021 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2422780 peristiwa-10-juni-jembatan-suramadu-diresmikan-bendungan-di-china-jebol-Gn32Tip9e3.jpg Jembata Suramadu (Foto : Wasesatravel)

JAKARTA - Rentetan peristiwa besar pernah terjadi pada 10 Juni dari tahun ke tahun pada 10 Juni. Sebagian ada yang tercatat menjadi perjalanan penting dan mendunia.

Berdasarkan catatan Wikipedia, sejumlah peristiwa, kelahiran ataupun kematian tokoh itu diantaranya yakni, lahirnya pesepakbola Bambang Pamungkas, hingga meninggalnya Aktris Julia Perez.

Berikut ulasan singkat Okezone terkait peristiwa, ataupun hari kelahiran serta meninggalnya tokoh yang pernah terjadi pada 10 Juni dari tahun ke tahun :

1. Bendungan Jebol Tewaskan 100.000 Jiwa

Sebuah bendungan di Sungai Dadu atau Tatu, yang terletak di Sichuan, Republik Rakyat Tiongkok (China), longsor pada 10 Juni 1786. Bendungan itu longsor akibat gempa bumi selama 10 hari mengguncang Sichuan.

Bendungan itu pecah yang kemudian mengakibatkan banjir bandang sampai 1400 kilometer ke hilir. Dampaknya, 100.000 jiwa meninggal dunia akibat longsor yang disertai banjir tersebut. Peristiwa ini tercatat sebagai bencana longsor mematikan terbesar ke-2 di dunia.

2. Jembatan Suramadu Diresmikan

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan yang melintasi Selat Madura. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia.

Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Jembatan ini mulai dibangun pada 20 Agustus 2003. Saat itu, Ground Breaking pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Jembatan ini pun dirampungkan pada 1 Maret 2009. Namun, Jembatan Suramadu baru diresmikan dan dibuka untuk umum pada 10 Juni 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membukan peresmian jembatan ini.

3. Raja di Jerman Ludwig Dinyatakan Tak Waras

Ludwig Friedrich Wilhelm, atau Ludwig (Louis) II dari Bayern merupakan raja Bavaria (Bayern, Jerman) dari 1864 sampai kematiannya. Ia adalah anak dari Maximilian II dari Bayern dan Marie dari Prussia yang naik tahta pada usia 18 tahun, setelah kematian ayahnya.

Pada 10 Juni 1886, Ludwig II dinyatakan tak waras oleh pemerintah sehingga tidak mampu memerintah. Kemudian pada 13 Juni 1886 malam, ia ditemukan tewas di Danau Starnberg.

Pengumuman resmi pemerintah menyatakan bahwa Ludwig II sengaja bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya. Tapi, hasil otopsi tidak menemukan air dalam paru-parunya, sehingga timbul teori-teori lain mengenai penyebab kematiannya, antara lain dibunuh oleh lawan politiknya atau meninggal karena serangan jantung.

Bednera Italia (Foto : leisure)

4. Italia Juara Piala Dunia 1934

Negara Italia menjadi juara Piala Dunia FIFA pada 10 Juni 1934. Italia menjadi juara setelah berhasil mengalahkan Cekoslowakia di final dengan skor 2-1. Piala Dunia 1934 merupakan gelaran piala dunia FIFA yang kedua yang digelar di Italia.

Saat itu, Klub Sepakbola Italia masih dibawah komando Benito Mussolini. Italia berhasil mendapat gelar juara dengan bantuan beberapa pemain keturunan Italia yang pernah membela negara lainnya.

5. Lahirnya Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas, seorang legenda pemain sepakbola yang pernah mengangkat Persija juara di kancah nasional. Ia lahir tepat pada 10 Juni 1980 di Semarang, Jawa Tengah. Pemilik nama samaran Bepe itu saat ini menjabat sebagai Manajer Persija Jakarta pada Liga 1 2020, usai menyatakan pensiun sebagai pesepakbola.

Bukan hanya di Persija, BePe juga pernah masuk dalam Tim nasional sepak bola Indonesia. Posisi alaminya adalah striker. Nama BePe terkenal di sepak bola Asia Tenggara ketika ia mencetak satu-satunya gol untuk Indonesia di Piala Tiger 2002 semifinal melawan Malaysia. Ua merupakan pencetak gol terbanyak turnamen dengan delapan gol.

7. Meninggalnya Julia Perez

Yuli Rahmawati atau dikenal secara profesional dengan Julia Perez yang disingkat Jupe, lahir di Jakarta, 15 Juli 1980 dan meninggal di Jakarta, 10 Juni 2017 pada umur 36 tahun. Jupe dikenal sebagai seorang penyanyi, model, aktris, presenter dan pesohor berkebangsaan Indonesia.

Jupe memulai kariernya di Prancis. Perkenalannya dengan model pria Damien Perez (Yusuf Perez) yang kemudian menjadi suaminya membuka kesempatan awal dirinya tampil sebagai model majalah FHM dan Maxim di Prancis. Dengan penampilannya dalam FHM dan Maxim, Jupe mendapat nominasi 100 perempuan terseksi versi majalah FHM dan Maxim.

Pada 10 Juni 2017, Jupe meninggal dunia setelah sempat dirawat RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia meninggal karena kanker leher rahim yang dideritanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini