Belajar dari Lonjakan Kasus Covid-19, Terapkan Pencegahan Sebelum Pengobatan

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 10 Juni 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 337 2422774 belajar-dari-lonjakan-kasus-covid-19-terapkan-pencegahan-sebelum-pengobatan-0O8V2ZTN8x.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito membagikan momen bersama Tim Satgas Covid-19 pusat pada kunjungan kerja ke beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk memantau lonjakan kasus Covid-19.

Wiku juga mengatakan dalam kunjungan bersama Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito, juga bercengkrama dengan para pimpinan daerah setempat.

“Dalam kunjungan ini kami melakukan peninjauan langsung ke fasilitas kesehatan maupun Posko Desa/Kelurahan setempat, dan tak lupa bercengkrama dengan pimpinan daerah setempat,” Wiku lewat akun media sosial pribadinya, Rabu (9/6/2021).

Wiku pun mengingatkan agar kenaikan kasus di beberapa daerah di Jateng dan Jatim bisa jadi pembelajaran bagi daerah lain. “Saya berharap, kejadian tren kenaikan kasus di beberapa daerah tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi daerah lainnya,” tegasnya.

Wiku meminta agar Satgas daerah menerapkan prinsip ilmu kesehatan masyarakat untuk pengendalian Covid-19 yakni mengutamakan pencegahan sebelum pengobatan.

Baca Juga : Darurat Covid-19, Malaysia Berlakukan Relaksasi Berobat Pasien Indonesia

“Terapkanlah prinsip ilmu kesehatan masyarakat untuk pengendalian Covid-19 yaitu mengutamakan pencegah sebelum harus menjalani pengobatan. Antisipasi lebih dini dengan membiasakan membaca situasi melalui pemantauan data kasus secara rutin,” ujarnya.

“Pada prinsipnya, upaya preventif adalah upaya yang lebih efektif dan efisien untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa dan mencegah kerugian material yang lebih besar,” kata Wiku.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini