Menu BTS Meal Sebabkan Kerumunan di McD, Satgas Covid-19 Bereaksi

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 09 Juni 2021 22:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422716 menu-bts-meal-sebabkan-kerumunan-di-mcd-satgas-covid-19-bereaksi-nxjM1IU4C8.jpg Kerumunan antrean BTS Meal. (Foto: Jonathan)

JAKARTA - Sejumlah gerai McDonald’s (McD) di beberapa kota diserbu warga setelah keluarnya menu baru BTS Meal. Bahkan, sejumlah gerai terpaksa disegel oleh Satgas daerah bersama Satpol PP akibat adanya kerumunan tanpa protokol kesehatan (prokes).

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan sesuai aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbaru berdasarkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri No 12 Tahun 2021, memang diizinkan pemesanan makanan dibawa pulang namun harus menekankan penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: BTS Meal Sebabkan Kerumunan Ojol, Polisi Bakal Panggil Manajemen McD

“Memang diizinkan adanya pemesanan makanan secara online dan dibawa pulang sesuai aturan PPKM mikro kab/kota terbaru. Namun perlu ditekankan adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, termasuk menjaga jarak atau tidak berdesakan,” tegas Wiku dalam keterangannya, Rabu (9/6/2021).

Wiku pun meminta agar semua pihak bisa bersama-sama mencegah peningkatan kasus Covid-19 terutama dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kami mengajak masyarakat untuk kerja sama mencegah peningkatan penularan Covid di masyarakat. Perlu ditekankan bahwa pandemi Covid-19 belum selesai,” ucapnya.

Baca juga: Wagub DKI Sebut Belasan Gerai McD Ditutup Sementara karena Kerumunan BTS Meal

Akibat kerumunan ini sejumlah outlet di berbagai daerah seperti di Jakarta yakni McD Gambir Jakarta Pusat harus ditutup sementarfa oleh Satpol PP. Kemudian, di Makassar, di Depok, Kediri, Medan, juga Solo juga terpaksa ditutup oleh Satgas daerah akibat pelanggaran protokol kesehatan.

Sementara itu, Polda Metro Jaya juga akan memanggil pihak manajemen McD untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan yang terjadi di gerai McD wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Nanti kita lakukan klarifikasi, sekarang ditangani Satpol PP yang melakukan penyegelan dan teguran karena itu kewenangan mereka,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini