Wamenag Apresiasi Dubes Arab Saudi Klarifikasi Penyebab Pembatalan Haji 2021

Widya Michella, MNC Media · Rabu 09 Juni 2021 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422708 wamenag-apresiasi-dubes-arab-saudi-klarifikasi-penyebab-pembatalan-haji-2021-lmjWJ5LBGT.jpeg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menyatakan pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia bukan karena masalah diplomasi dan vaksin. Dia menegaskan hubungan Indonesia dan Saudi berjalan baik. 

Penjelasan Syekh Essam diapresiasi Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi. Menurutnya, klarifikasi itu penting agar informasi simpang siur bisa diluruskan.

Baca juga: Arab Saudi Segera Umumkan Detail Pelaksanaan Haji 2021

"Langkah Dubes sangat positif dan patut kita apresiasi. Dubes dalam kewenangannya tentu punya otoritas untuk menjelaskan informasi seputar haji, terutama dari perspektif Saudi," kata Wamenag dikutip dalam rilis Kemenag, Rabu (9/6/2021).

Penjelasan Dubes juga disebutnya telah mengafirmasi apa yang selama ini disampaikan pemerintah terkait alasan kebijakan pembatalan keberangkatan jamaah haji 2021. Kebijakan itu didasarkan pada kajian mendalam terkait pandemi dan belum ada informasi resmi dari Saudi.

Baca juga: Ini Cara Kemenag Antisipasi Antrean Ibadah Haji

Wamenag meminta berbagai pihak untuk tidak menjadikan masalah haji sebagai komoditas politik.

"Mari bersama menenangkan para calon jemaah dan menciptakan suasana yang kondusif dengan tidak menebar hoaks dan informasi yang tidak jelas kebenarannya,"jelasnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini