Berikut Sejumlah Negara yang Kerap Dilanda Gempa

MNC Portal, · Kamis 10 Juni 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422634 berikut-sejumlah-negara-yang-kerap-dilanda-gempa-xQseAN4M7p.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Gempa bumi adalah salah bencana alam yang tidak dapat diprediksi kehadirannya. Pergerakan lempeng tektonik adalah salah satu penyebab utama terjadinya gempa bumi. Negara di dunia kerap menjadi langganan gempa bumi. Negara mana saja? Berikut Litbang MNC Portal Indonesia (MPI) merangkumnya, dari berbagai sumber :

1. China

Gempa bumi di China terjadi di sebagian wilayah barat daya. Wilayah barat daya adalah wilayah dengan topografi pegunungan. Sichuan, Gansun, Qinghai, Xinjiang, Tibet, Yunnan terletak di wilayah barat daya. Infrastruktur transportasi yang buruk dan topografi pegunungan di barat daya adalah tantangan untuk penyelamatan dan pemulihan pasca gempa bumi. Gempa 7,8 SR di Sichuan pada 2008 menewaskan kurang lebih 80.000 orang.

2. Indonesia

Tingginya frekuensi gempa di Indonesia karena berada di Ring of Fire. Mayoritas gempa bumi di dunia terjadi di Ring of Fire yang meliputi area seluas sekitar 40.000 km2. Pergerakan lempeng tektonik, letusan gunung berapi bawah laut atau permukaan dapat memicu gempa bumi. Gempa Aceh adalah salah satu gempa bumi terbesar yang melanda Indonesia. Gempa Aceh terjadi pada 26 Desember 2004. Gempa berkekuatan 9,1 SR ini menyebabkan tsunami. 227.000 orang diperkirakan tewas.

Gempa Lombok

(Gempa di Lombok/foto:Antara)

3. Iran

Iran adalah negara dengan aktivitas seismik tinggi. Iran berada di pertemuan lempeng tektonik Eurasia dan Arab. Lokasi Iran berada di zona tumbukan lempeng yang berbeda, sehingga gempa bumi tidak dapat dihindari. Iran mempunyai banyak zona patahan yang membuatnya lebih rentan terhadap gempa bumi dahsyat. Pada 16 September 1978, gempa besar pernah terjadi di Tabas, Iran. 25.000 orang tewas dan ribuan orang mengalami luka-luka.

4. Turki

Turki juga termasuk negara yang mempunyai aktivitas seismik tinggi. Turki terletak di batas lempeng antara lempeng Eurasia dan Arab. Tekanan lempeng Arab telah menghasilkan dua sesar yang dimulai dari titik yang sama dan kemudian berpisah sebagai Sesar Anatolia Utara dan Sesar Anatolia Timur. Lokasi di sepanjang patahan ini sangat rentan terhadap gempa bumi. Salah satu gempa bumi terdahsyat yang melanda Turki terjadi pada 17 Agustus 1999. Gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang kota Izmit di Turki barat. 17.118 orang tewas dan 50.000 orang mengalami luka-luka.

Gempa Turki

5. Jepang

Jepang sama seperti Indonesia yang terletak di Ring of Fire yang rentan terhadap gempa bumi. Pergerakan dan tumbukan lempeng benua dan samudera di dalam dan sekitar Jepang adalah faktor seringnya terjadi gempa bumi. Jepang berada pada pertemuan empat lempeng tektonik yang berbeda. Lempeng tersebut adalah lempeng Amerika Utara, lempeng Pasifik, lempeng Filipina, dan lempeng Eurasia. Pergerakan dan subduksi lempeng Filipina dan Pasifik di bawah dua lempeng lainnya menyebabkan gempa bumi. Pada 2011, Jepang diguncang gempa berkekuatan 9,0 SR di wilayah Tohuku. Gempa ini menimbulkan tsunami. Akibatnya terjadi kerusakan parah dan ribuan nyawa hilang. Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini