Keterisian RS Tinggi, Satgas: Konversikan Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 09 Juni 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422630 keterisian-rs-tinggi-satgas-konversikan-tempat-tidur-untuk-pasien-covid-19-IMLAJJYBe1.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menungkapkan bahwa sejumlah langkah bisa dilakukan jika keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit (RS) tinggi. Salah satunya dengan mengkonversi tempat tidur di RS menjadi untuk pelayanan Covid-19.

“BOR yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonversi tempat tidur biasa menjadi tempat tidur untuk pelayanan Covid-19 atau bisa juga mentransfer pasien ke rumah sakit di wilayah terdekat,” katanya dalam konferensi persnya, Rabu (9/6/2021).

Dia mengatakan, pasien dengan gejala ringan dan tanpa gejala diusahakan untuk melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Jika memungkinkan, lanjut dia, isolasi bisa dilakukan di tempat isolasi terpusat jika tersedia di daerahnya masing-masing.

Baca juga: Polri Kordinasi dengan Satgas Covid-19 Terkait Kerumunan Promo BTS Meal McD

“Apabila pasien lama sudah mulai menunjukkan perbaikan gejala segera tindaklanjui dengan merujuknya untuk isolasi mandiri jika memungkinkan. (Ini) agar beban rumah sakit tidak semakin berat,” ujarnya.

Dia meminta kepada seluruh kepala daerah untuk terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing. Hal ini agar kondisi Covid-19 dapat segera ditangani dengan cara terbaik sesuai dengan situasi yang dihadapi di masing-masing daerah.

Baca juga: Satgas Covid: Pulau Jawa Sumbangkan 52,4% Kasus Nasional Pasca Idul Fitri

“Jika seluruh daerah dapat melakukannya maka kondisi kritis pada beberapa daerah ini dapat segera terlewati tanpa memakan korban jiwa,” pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini