Wilayah Ini Jadi Prioritas Operasi Pengamanan Laut Indonesia

Felldy Utama, iNews · Rabu 09 Juni 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422605 wilayah-ini-jadi-prioritas-operasi-pengamanan-laut-indonesia-2qRA8jL4eS.jpg Perairan Natuna (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia membeberkan sejumlah wilayah prioritas operasi keamanan laut yang akan dilakukan di tahun 2021. Hal tersebut menandakan ada wilayah yang tak menjadi prioritas.

Menurut Aan, alasan lembaganya tidak bisa mengawal keseluruhan wilayah laut Indonesia dan harus memprioritaskan sejumlah wilayah saja karena keterbatasan anggaran.

"Oleh sebab itu, dari gambaran tantangan keamanan laut tahun 2021 tersebut dapat disampaikan wilayah prioritas operasi Bakamla yang pertama adalah perairan laut Natuna Utara, berikutnya ALKI I/II/III, dan Pantai Barat atau pesisir pulau Sumatera," kata Aan dalam paparannya di ruang Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga:  Bakamla Tangkap KIA Vietnam yang Lakukan Penangkapan Ikan di Natuna Utara

Aan menyampaikan, alasan Bakamla menetapkan wilayah-wilayah tersebut menjadi prioritas pengamanan. Pertama, di laut Natuna Utara sendiri ancaman yang kerap muncul yakni illegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal. Tak hanya itu, di perairan tersebut juga seringkali banyak pelanggaran-pelanggaran wilayah dari negara lain.

Kedua, untuk di ALKI I/II/III, di wilayah perairan tersebut kerap kali terjadinya pelanggaran hukum lintas keselamatan pelayaran. Sementara, untuk di wilayah pesisir pulau Sumatera ini merupakan tempat yang sering dijadikan masuknya narkoba.

"Dari konsep pelaksanaan tugas dan wilayah prioritas tersebut Bakamla menghadapi tantangan besar untuk mempertahankan kehadiran di laut sepanjang waktu, karena ini balik lagi masalah anggaran," ujar dia.

Baca Juga: Bakamla RI Peringatkan Kapal Yunani yang Mondar-mandir di Perarian Maluku

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini