Presiden Jokowi Terima Laporan Vaksinasi dari Wilayah Zona Merah di Tangerang

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 09 Juni 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422453 presiden-jokowi-terima-laporan-vaksinasi-dari-wilayah-zona-merah-di-tangerang-wbWKLnOscU.jpg Presiden Jokowi saat tinjau vaksinasi Covid-19 di RSUI Depok, Rabu (9/6/2021). (tangkapan layar Youtube)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi 10 ribu warga di Sport Center, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Rabu (9/6/2021). Dalam kesempatan itu, ia menerima laporan vaksinasi dari Puskesmas Kelapa Dua yang kini ditetapkan masuk zona merah.

Laporan tersebut disampaikan Puskesmas Kelapa Dua melalui telekonferensi yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Mulanya Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar mempersilakan pihak Puskesmas Kelapa Dua menyampaikan laporan vaksinasinya kepada Presiden Jokowi. Laporan pun langsung disampaikan.

"Kami melaporkan dari Puskesmas Kelapa Dua sasaran 110, dengan sasaran lansia dan sebagian nakes dan pralansia. Yang sudah kita vaksin sampai jam 11 (siang) adalah 84 orang. Untuk KIPI adalah kasus ringan," demikian disampaikan pimpinan Puskesmas Kelapa Dua melalui telekonferensi.

Asal tahu saja, saat ini Kelapa Dua masuk zona merah. Penularan virus corona di daerah ini diduga berasal dari kegiatan kerja bakti. Hingga kini tercatat sudah 90 orang terpapar Covid-19.

Selain dari Kelapa Dua, Jokowi juga menerima laporan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja. Pihak rumah sakit menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

"Vaksinasi di RSUD Balaraja sampai 120 orang sasaran. Vaksinasi hari ini lebih banyak untuk para lansia dan Alhamdulillah berjalan cukup baik dan lancar tidak ada kendala berarti. KIPI sedang dan berat Alhamdilillah tidak ada, hanya KIPI ringan," jelas pihak RSUD Balaraja.

Baca Juga : Presiden Jokowi: Bulan Ini Target Vaksinasi 700 Ribu Perhari, Berikutnya 1 Juta

Jokowi lalu menerima laporan dari Rumah Sakit Tentara (RST) Daan Mogot Kesdam Jaya. Di rumah sakit ini dilaksanakan vaksinasi untuk 300 orang. Lalu Polres Tangerang Selatan juga melaporkan pelaksanaan vaksinasi untuk 500 orang. Kemudian juga panitia pelaksana vaksinasi ICE BSD melaporkan di sana target penyuntikkan sebanyak 10 ribu orang.

Jokowi tampak mendengarkan laporan dari berbagai wilayah satu-persatu. Sesekali ia tampak mengangguk menyimak pemaparan mereka. Di akhir pernyataannya, Kepala Negara menyampaikan bahwa manajemen vaksinasi di Tangerang cukup baik dan rapi.

"Saya lihat manajemennya berjalan rapi dan baik di lapangan. Kita ingin proses vaksinasi seperti yang di Kabupaten Tangerang dalam jumlah banyak ini dilakukan juga oleh provinsi oleh kabupaten/kota yang lain sehingga kecepatan kita mengejar 700 ribu per hari untuk Juni dan 1 juta per hari untuk vaksinasi ini bisa betul-betul kita kejar," tuturnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur Banten dan Bupati Tangerang terutama dari Menkes atas upaya terus menerus yang dilakukan dan kita harapkan akan melindungi kita semua dari penyebaran Covid," tutur Jokowi.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, kemampuan Tangerang untuk menyuntikkan vaksin perhari sebenarnya 15 ribu. Namun, karena sejumlah hambatan, maka daerah itu hanya bisa menyuntikkan sebanyak 10 ribu perhari.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Tenaga Pendidik di RSUI Depok

"Total perhari ini untuk wilayah Kabupaten Tangerang 10 ribu suntikan, Alhamdulillah kami sebenarnya memiliki kemampuan sampai 15 ribu, kalau semua bisa berjalan, di puskesmas, rumah sakit, tanpa menggunakan ice dan sport center kita bisa 15 ribu. Tapi mungkin ada pusat perbelanjaan yang kita pakai, ada delapan sampai sembilan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini