Peristiwa 9 Juni : Kaisar Romawi Bunuh Diri, Teori Fisika Albert Einstein Dipublikasikan

Tim Okezone, Okezone · Rabu 09 Juni 2021 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422242 peristiwa-9-juni-kaisar-romawi-bunuh-diri-teori-fisika-albert-einstein-dipublikasikan-MzWmzqEH5e.jpg Albert Einstein. (Ist)

JAKARTA - Banyak peristiwa terjadi pada tanggal 9 Juni. Baik peristiwa yang masuk dalam catatan sejarah internasional maupun Tanah Air.

Sejumlah peristiwa penting pada 9 Juni dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Rabu (9/6/2021), seperti berikut ini  :

1. Kaisar Romawi V Nero Bunuh Diri

Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus atau Nero Claudius Caesar Germanicus adalah kaisar Romawi kelima. Ia sekaligus kaisar terakhir dari dinasti Julio-Claudian.

Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius untuk menjadi penerus tahtanya. Ia naik tahta pada 13 Oktober 54 karena sepeninggal kematian Claudius.

Nero pun mulai berkuasa dari tahun 54 sampai 68. Pasa saat berkuasa, Nero berfokus pada diplomasi, perdagangan, dan meningkatkan budaya ibu kota kekaisaran. Ia juga memerintahkan pembangunan teater dan permainan atletik.

Saat berkuasa, Romawi berhasil memenangkan perang dan berdamai dengan kekaisaran Parthian (58–63) dan menambah tali hubungan diplomasi dengan Yunani.

Namun, pada 68 terjadi kudeta militer untuk menurunkan Nero. Jelang menghadapi eksekusi, ia dilaporkan bunuh diri.

Kekuasaan Nero sering berhubungan dengan tirani dan kekejaman. Ia telah melakukan beberapa eksekusi, termasuk ibunya dan saudara kandung adopsinya, dan juga kaisar yang "membakar Roma" dan pembunuh Kekristenan awal. Penglihatan ini dilihat berdasarkan referensi dari Tacitus, Suetonius dan Cassius Dio.

2. Teori Fisika Albert Einstein Dipublikasikan

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Ia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi.

Einstein dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

Baca Juga : Humor Gus Dur soal Daging Paling Enak Sedunia

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Pada masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah. Dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius.

Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time.

Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc². 

3. Maulid Nabi Muhammad Jadi Hari Libur Nasional

Maulid Nabi Muhammad atau yang dimaknai sebagai peringatan (tradisional) hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Biasanya, banyak masyarakat merayakan Maulid Nabi Muhammad dengan berbagai caranya masing-masing.

Pemerintah Indonesia menetapkan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai hari libur nasional yang pertama kalinya pada 9 Juni 1968. Jika dalam kalender Islam, Indonesia selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalam Hijriah.

4. Golkar Menangkan Pemilu 1992

Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 1992 diselenggarakan secara serentak pada 9 Juni 1992, untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Tingkat I Provinsi maupun DPRD Tingkat II Kabupaten/Kotamadya) se-Indonesia periode 1992-1997.

Baca Juga : Resep Rahasia Ramuan Keperkasaan Jamu Jawa Kuno

Pemilihan Umum ini diikuti 2 partai politik dan 1 Golongan Karya, yaitu:

- Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

- Golongan Karya (Golkar)

- Partai Demokrasi Indonesia (PDI)

Sebagai pemenang mayoritas hasil pemilihan umum ini adalah Golongan Karya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini