BMKG: Potensi Gempa Besar dan Tsunami Tidak Hanya di Jawa Timur Saja

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 09 Juni 2021 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 337 2422227 bmkg-potensi-gempa-besar-dan-tsunami-tidak-hanya-di-jawa-timur-saja-KmpOdVMjdT.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono menegaskan potensi gempa dengan kekuatan magnitudo besar dan menimbulkan tsunami tidak hanya di pesisir Jawa Timur.

“Di jalur tunjaman Sunda, Jawa Timur tidak sendirian dan bukan satu-satunya daerah rawan gempa dan tsunami,” tegas Daryono lewat cuitannya, Rabu (9/6/2021).

Daryono mengatakan potensi gempa besar yang bersumber di zona megathrust Sunda, hampir sama untuk semua wilayah baik Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, hingga Sumba, bukan Jatim saja.

Sementara itu, Daryono mengatakan dari catatan sejarah bahwa Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat adalah wilayah yang justru paling sering dilanda gempa besar.

“Catatan sejarah gempa besar Jawa akibat aktivitas subduksi lempeng membuktikan bahwa justru Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat adalah yang paling sering dilanda gempa besar,” paparnya.

Selain itu, Daryono meminta masyarakat tidak perlu panik terhadap model skenario terburuk adanya potensi gempa Magnitudo (M) 8,7 dan menyebabkan tsunami di pantai Jawa Timur hingga Selat Sunda.

“Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masyarakat tidak perlu panik karena model skenario terburuk itu dibuat untuk merancang mitigasi. Kapan terjadinya juga tidak ada yang tahu. Jadi respon mitigasi yang dinanti bukan kepanikan, potensi itu sama untuk semua wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok hingga Sumba, bukan Jatim saja,” tegasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini