Kembali Akan Bubarkan Lembaga Negara, Menteri Tjahjo Singgung Kominfo

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 08 Juni 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 337 2422131 kembali-akan-bubarkan-lembaga-negara-menteri-tjahjo-singgung-kominfo-uWxVLydouK.jpg Foto: PANRB

JAKARTA -   Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pemerintah dalam waktu dekat akan kembali mengusulkan sejumlah lembaga negara untuk dihapus.

(Baca juga: Selain Mayjen Dudung, KSAD Andika Perkasa Juga Lantik 5 Jenderal)

"Mudah-mudahan pertengahan tahun sampai akhir tahun akan kami ajukan ke DPR usulan badan-badan, lembaga yang mungkin bisa dihapuskan tapi harus dibahas bersama dengan DPR," ujar Tjahjo Kumolo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara Senayan Jakarta, Selasa (8/6/2021).

(Baca juga: Terlatih dan Mematikan, Ini Cikal Bakal Berdirinya Pasukan Komando Baret Merah)

Dijelaskannya, penghapusan lembaga negara tersebut untuk membuat birokrasi semakin efisien dan menghemat anggaran pemerintah. Tjahjo Kumolo memberi contoh pihaknya sudah berupaya membubarkan satu badan di sebuah kementerian namun terkendala hal teknis sehingga ditunda pembubarannya.

Politikus PDIP itu menyebut beberapa lembaga yang akan dibubarkan di antaranya berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Ada satu kementerian yang kami sudah sepakat dengan menterinya menghapuskan satu badan karena badan itu ada 3-4 eselon I, namun dalam ayat di UU tersebut mengharuskan persetujuan DPR," tambah Tjahjo Kumolo.

Kemenpan-RB hingga saat ini dikatakan Tjahjo Kumolo sudah melakukan penyederhanaan sebanyak 91 kementerian lembaga atau 41.272 struktur.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini