Bukan di Blitar, Bung Karno Disebut Lahir di Surabaya

Antara, · Rabu 09 Juni 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 337 2422117 bukan-di-blitar-bung-karno-disebut-lahir-di-surabaya-uV9VvEU57m.jpg Soekarno. (Foto: Istimewa)

SURABAYA - Banyak orang ternyata belum mengetahui Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno) lahir di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

"Dari zaman dahulu saya sekolah dasar selalu diajarkan bahwa Bung Karno lahir di Kota Blitar. Jadi, tidak salah saya meyakini itu. Akan tetapi, hal itu terbantahkan bahwa Bung Karno lahir di Surabaya," Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono saat diskusi memperingati Hari Lahir Bung Karno 6 Juni di Surabaya.

Baca juga: Saat Ibunda Soekarno Membenci Orang Belanda

Menurut dia, Bung Karno lahir di Kota Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Bahkan, Bung Karno pada masa remaja juga hidup di Surabaya yang saat itu digodok pemikirannya di indekos HOS Tjokroaminoto.

Bung Karno dalam masa pergolakan merebut kemerdekaan juga datang ke Surabaya untuk membakar semangat arek-arek Suroboyo.

Baca juga: Kisah Haru Perjuangan Nyoman Rai Srimben Besarkan Soekarno

"Itulah mengapa Bung Karno menyebut Surabaya sebagai dapur nasionalisme. Bertepatan dengan Juni yang juga diperingati sebagai Bulan Bung Karno, kami terus membumikan pemikiran dan kiprah Bung Karno ke kampung-kampung, lewat diskusi, bakti sosial, tur sejarah, dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, pegiat sejarah Kuncarsono menegaskan bahwa Bung Karno mulai umur 0—6 bulan tinggal di Peneleh Surabaya, kemudian sang ayah dipindahtugaskan di Ploso, Jombang, lalu kembali lagi ke Surabaya pada saat remaja.

Menurut Kuncarsono, kehidupan Soekarno kecil serba terbatas. Akan tetapi, karena memiliki tekad yang kuat, bisa menjadi orang besar, presiden pertama Republik Indonesia.

"Buat anak muda jangan putus asa jika sekarang dalam keadaan yang serba terbatas, seperti Bung Karno yang lahir di kampung menjadi pemimpin besar," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini