Ketika Soekarno Mengungkap Alasannya Selalu Pakai Jas Bergaya Militer

Tim Okezone, Okezone · Rabu 09 Juni 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 337 2422063 ketika-soekarno-mengungkap-alasannya-selalu-pakai-jas-bergaya-militer-mVxFrTEP8R.jpg Soekarno (Foto : IG @endo_dc)

JAKARTA - Soekarno adalah pemimpin karismatik. Kisah hidup Putra Sang Fajar masih terus dibicarakan hingga sekarang, meski wafat 51 tahun lalu.

Anggota Komisi E, DPRD Jateng Endro Dwi Cahyono sering mengunggah foto-foto Bung Karno di akun Instagram-nya. Foto tersebut terkadang dibarengi dengan kisah di baliknya.

Dalam salah satu postingan, Endro mengunggah foto Bung Karno yang sedang memberi hormat. Sang Proklamator memakai jas bergaya militer dipadupadankan dengan peci dan kacamata hitam. Bung Besar juga memegang tongkat komando.

Baca juga: Saat Ibunda Soekarno Membenci Orang Belanda

Endro lantas mengutip hasil wawancara Cindy Adams kepada Soekarno dalam rangka penulisan otobiografi ‘Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’.

“Pak, kenapa Anda selalu mengenakan seragam (jas bergaya militer)?,” tanya Adams pada Oktober 1961, sebagaimana termaktub di buku ‘My Friend the Dictator’.

Baca juga: Kisah Bung Karno Dirikan TNI: Pertahankan Kemerdekaan dan Melawan Arogansi Penjajah

“Aku memakai seragam oleh karena aku Panglima Tertinggi. Rakyatku sudah begitu lama dijajah Belanda. Mereka telah dijadikan koloni selama ratusan tahun. Mereka sudah lama diperbudak. Setelah kemerdekaan aku proklamirkan, aku harus bisa memberikan mereka sebuah citra... suatu kebanggaan. Maka aku selalu memakai seragam,” jawab Soekarno.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini