Waduh! Jalur Evakuasi Tsunami di Sejumlah Daerah Rusak Tertutup Sungai

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 08 Juni 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 08 337 2422027 waduh-jalur-evakuasi-tsunami-di-sejumlah-daerah-rusak-tertutup-sungai-kBNtDyQCJm.jpg Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto: Avirista M)

MALANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyoroti banyaknya jalur evakuasi tsunami di sejumlah daerah di Indonesia, rusak dan tertutup sungai. Hal ini disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat memberikan sosialisasi di Sekolah Lapang Gempa bumi (SLG) bagi warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

"Jalur evakuasi itu ada beberapa wilayah tertutup sungai, ada beberapa sungai, itu kan perlu jembatan, artinya secara prasarana dan sarana evakuasi itu perlu dilengkapi, agar masyarakat saat evakuasi, sudah siap, sudah aman," ucap Dwikorita Karnawati, pada Selasa (8/6/2021) siang.

Namun dikatakan Dwikorita, jalur evakuasi di wilayah Kabupaten Malang dari tinjauannya berfungsi bagus, meski ada beberapa titik yang rusak. Namun hal ini dinilai cukup untuk membantu masyarakat di daerah rawan tsunami untuk menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi.

Baca juga: Wonogiri Berpotensi Disapu Tsunami 29 Meter, Begini Kondisi Alam dan Upaya Antisipasinya

"Kebetulan tidak di sini, tidak di Kabupaten Malang. Tapi di daerah lain, tertutup sungai. Kebetulan BPBD, kemudian forum siaga rencananya di kabupaten ini sudah bagus," kata dia.

Meski demikian, Dwikorita menegaskan perlu adanya pelatihan rutin dan kelengkapan sarana prasarana mitigasi tsunami, agar masyarakat terbiasa dan siap menghadapi bencana. "Pengalaman di Palu ketika latihan tidak ada bencana, tapi ketika sudah lama tidak latihan terjadi bencana, warga justru tidak siap," tuturnya.

"Sekali lagi tinggal kelengkapan sarana prasarana, dan pelatihan yang rutin, itu saja. Peta sudah disiapkan tinggal nanti jalurnya diputuskan bersama," tukasnya.

Baca juga: 5 Gempa Paling Dahsyat dan Mematikan di Dunia, Korban Terbanyak di Aceh

Sebagai informasi, wilayah Malang selatan masuk daerah rawan bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami. Tercatat beberapa kali gempa berpusat di selatan Kabupaten Malang. Terakhir terjadi pada Sabtu 10 April 2021 dengan kekuatan magnitudo 6,1 SR.

Setidaknya 32 kecamatan dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang terdampak gempa. Ribuan rumah warga pun mengalami rusak berat dan menelan sejumlah korban jiwa.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini